Itenas Job Fair 2023 Jaring Ribuan Kandidat yang Mumpuni Bagi Perusahaan

Itenas Job Fair 2023
Itenas Job Fair 2023 "Here’s Your Chance to Shine"

JABARTRUST.COM, BANDUNG – Career Development Center (CDC) Institut Teknologi Nasional Bandung yang berada di bawah naungan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) kembali menyelenggarakan perhelatan rutin Itenas Job Fair 2023 yang mengusung tema “Here’s Your Chance to Shine”.

Kegiatan ini digelar selama dua hari pada Jumat dan Sabtu (17-18/3/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas.

Lebih jauh, sebanyak lebih dari 30 perusahaan ikut serta dalam IJF 2023, baik yang mendirikan booth maupun yang melakukan presentasi.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Ketua Pelaksana IJF 2023, Alfan Ekajati Latief, S.T., M.T. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut ditargetkan untuk lulusan Itenas maupun perguruan tinggi lainnya se-Bandung Raya.

Baca Juga :  Itenas Bandung Berhasil Peroleh Pengakuan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023

“Juga terdapat lebih dari 200 lowongan pekerjaan dibuka bagi para job seeker, sehingga harapannya acara ini mampu menjadi wadah bagi lebih dari 1800 peserta pendaftar Itenas Job Fair 2023 yang hadir untuk mendapatkan pengalaman kerja,” ungkapnya disela-sela Job Fair Itenas, Kota Bandung.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D. mengapresiasi kepada perwakilan dari perusahaan peserta, karena sudah bersedia dan mempercayai Itenas sebagai mediator antara perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dengan para pencari kerja.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D.
Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D.

Menurutnya Itenas Job Fair 2023 memiliki tujuan untuk mempertemukan para jobseeker dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja. Sehingga menjadi sarana untuk mengenalkan dan mempromosikan perusahaan mengenai profil dan lowongan kerja yang ditawarkan.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Apresiasi Hasil Olahan Bonggol Jagung Karya Dosen Itenas Bandung

Selain itu, membantu perusahaan untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, memfasilitasi perusahaan untuk melaksanakan proses rekrutmen secara langsung baik dalam bentuk tes maupun interview.

“Juga sebagai media komunikasi antar perusahaan dan pencari kerja mengenai wawasan bidang- bidang kerja dan jenjang karir yang diminati,” ujarnya usai membuka IJF 2023 secara simbolis.

Selain bisa mendapatkan informasi dengan mengunjungi booth, para peserta yang sudah melakukan registrasi di http://cdc.itenas.ac.id juga dapat mengikuti sesi presentasi dari puluhan perusahaan.

Sejumlah perusahaan besar yang bergabung dalam IJF 2023 antara lain Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, PT TKG Taekwang Indonesia, PT Medion Farma Jaya, hingga Astra Honda Motors (AHM).

Baca Juga :  Rayakan Ulang Tahun ke-63, bank bjb Hadirkan Festival Bojana 2024

Tidak lupa juga untuk meningkatkan antusiasme para peserta, dilakukan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

Itenas Job Fair (IJF) 2023 hari pertama dan kedua berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Selama penyelenggaraannya, total sekitar lebih dari 1500 peserta yang registrasi dan hadir di tempat.

Disamping pengenalan dan presentasi perusahaan, para peserta berkesempatan untuk mengirimkan lamaran kerja dan bahkan mengikuti proses rekrutmen langsung di tempat seperti walk-in interview.

“Perhelatan ini dapat menjadi jembatan bagi para instansi/perusahaan dengan para pencari kerja untuk mencari sumber daya manusia yang cakap dan sesuai harapan. Serta sebagai sarana pengenalan dan pendalaman mengenai perusahaan tujuan yang diimpikan,” tambahnya. (rio)