Wisatawan Bisa Mendapat Edukasi Sekaligus Menikmati Berbagai Jenis Anggur Import

H.Surman berada di tengah kebun anggur import
H.Surman berada di tengah kebun anggur import

JABARTRUST.COM, PANGANDARAN — Salah seorang petani asal desa Babakan H.Surman membuat terobosan baru di bidang pertanian dengan membudidayakan anggur import dari luar negeri. Menurut H.Surman pohon anggur yang dibudidayakan lebih dari seratus pohon, dengan 30  varian dari berbagai negara di dunia.

Menurut H.Surman menanam pohon anggur perlu perawatan yang serius dan intensif, terlebih kondisi di Pangandaran yang beriklim laut. Setelah enam bulan, kini tiga puluh varian pohon anggur yang di tanam semuanya teah berbuah.

“Ya biasanya dari perhitungan pohon anggur bahwa pohon bisa berbuah setelah memasuki usia dua belas bulan atau satu tahun, namun kami dalam pengelolaan pohon anggur tersebut membuat terobosan baru dengan di stek”, ungkap Surman.

Baca Juga :  Petani Keluhkan Harga Gabah

“Dan itu pun tidak sembarangan ya kami sangat hati hati saat merawat anggur, di tambah kami pun menggali ilmu dari berbagai buku yang ada tentang penanaman pohon anggur, dan saat ini hasilnya setelah enam bulan lamanya pohon anggur tersebut berbuah banyak serta rasanya sangat manis”, tambahnya.

Lebih jauh di sampaikan oleh H surman bahwa keberadaan pohon anggur di Babakan Pangandaran tersebut akan dijadikan salah satu destinasi wisata. Para wisatawan yang berkunjung bisa mendaptkan edukasi tentang anggur, sekaligus memetik sendiri dan mencicipi manisnya buah anggur import.  (ntang sr)