Budaya Cirebon Akan Tampil Di Guangzhou China

JABARTRUST.COM, KOTA CIREBON – Kota Cirebon adalah kota yang dikenal dengan sejarah yang sangat panjang dan menarik.

Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Cities Aliens Six Marine Silkroad. CASMS sendiri merupakan organisasi asal negara China yang peduli akan kebudayaan.

Perwakilan Cities Aliens Six Marine Silkroad, Li Pei Feng mengatakan, dirinya sudah lama mengenal Cirebon, hal ini dikarenakan dirinya bekerja di Cheng Hwa museum di Malaka Malaysia.

“I know Cirebon from long time, because i work in Cheng Hwa Museum in Malaka, our museum have good relationship in Cirebon (Saya tau cirebon sejak lama, karena saya bekerja di museum Cheng Hwa, dan museum kami memiliki hubungan baik dengan Cirebon),” katanya, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga :  UCIC Masih Tunggu Aturan Mengenai Kampanye Yang Dilakukan di Kampus

Dirinya melanjutkan,Cirebon merupakan kota yang bersejarah dan juga memiliki hubungan yang baik dengan China.

“We know Cirebon have a many herritage, example Sunan Gunung Jati, Keraton Kanoman, and many Keraton, I’m here to discuss about collaboration herritage (kita tau Cirebon memiliki banyak sejarah, contohnya, Sunan Gunung Jati, Keraton Kanoman, dan masih banyak Keraton lainnya, jadi saya disini ingin mendiskusikan tentang budaya dan sejarah),” paparnya.

Sementara itu, Representatif Cities Aliens Six Marine Silkroad, Li Feng mengatakan, pihaknya akan mengadakan sebuah pameran karya seni di Guangzhou dan akan membawa karya-karya dari Cirebon.

“Cirebon merupakan salah satu kota di dunia yang melalui jalur sutra, atau yang pernah di datangi oleh Laksamana Cheng Hwa, selain itu juga Cirebon mempunyai banyak peninggalan sejarah,” katanya.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Ajak 8 Juta Anggota Pramuka se-Jabar Posting Kegiatan di Medsos

Dirinya melanjutkan, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sendiri tergabung bersama 28 kota lainnya yang akan mengadakan pameran di China.

“Selain kota dan kabupaten Cirebon, terdapat 28 kota lain yang berasal dari China yang tergabung dalam jalur sutra dan nantinya akan melakukan pameran di Guangzhou,” lanjutnya.

Li Feng mengungkapkan, kota dan kabupaten Cirebon sendiri merupakan 2 kota yang mewakili Indonesia pada pameran tersebut.

“Kota Cirebon banyak sekali menyimpan Herritage yang harus bisa dibanggakan di kancah Internasional, contoh ada 3 Keraton yang mewakili, ada peninggalan Goa Sunyaragi dan masih banyak situs lainnya yang ada di Kota Cirebon,” tutupnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, Kota Cirebon menyambut baik rencana pameran tersebut.

Baca Juga :  Kampanye Jaga Lingkungan Sambil Bagi-Bagi Takjil

“Kita patut berbangga karena di Indonesia hanya kota dan kabupaten cirebon yang dipilih untuk bekerjasama dan bagian dari event di Guangzhou China,” paparnya

Dari Cirebon sendiri nantinya akan mengirimkan foto-foto yang berkaitan dengan herritage dan nantinya akan ada 35 foto.

“Karena Cirebon dinilai memiliki banyak kesamaan dari sisi budaya dan bentuk bangunan, contohnya ada batik megamendung, dan juga momolo Goa Sunyaragi,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya kerjasama ini dapat menampilkan budaya Cirebon di kancah Internasional.

“Ini event antar negara, dan kami sangat bangga budaya Cirebon dapat ditampilkan,” tandasnya. ***(Sakti)