Mau Sehat Saat Puasa? Cobain Tips Ini Deh..

tips sehat ramadan/ foto: pinterest.com
tips sehat ramadan/ foto: pinterest.com

JABARTRUST.COM,- Bulan Ramadan Sebentar lagi akan segera tiba dan umat Islam diseluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa dari mulai matahari terbit hingga terbenam. Hal yang perlu diperhatikan agar tetap sehat saat menjalani puasa adalah:

 

  1. Makanan Bergizi

Sahur dan berbukalah dengan makanan yang memiliki kualitas tinggi, makanan harus seimbang seperti sayuran, protenin dan produk susu untuk lemak baik.

Menambahkan nutrisi kedalam makanan dapat membantu anda tetap terhidrasi dan kenyang lebih lama, bahkan dapat meningkatkan system kekebalan. Fokus pada makanan dengan indeks glikemik renah terutama selama sahur.

 

  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Olahan

Dalam menyiapkan makanan sahur penting untuk dihindari pengasinan yang berlebihan, karena ini justru akan membuat desidrasi dan menyebabkan haus sepanjang hari. Kafein juga perlu anda hindari karena memiliki efekdiuretik yang meningkatkan produksi urin, dimana akhirnya akan menyebabkan hal yang sama yakni menyebabkan dehidrasi.

Baca Juga :  KEMENTAN Dahulukan Hewan Sehat PMK di Vaksin

Makanan dan minuman yang telah ditambahkan gula dan karbohidrat memiliki kepadatan nutrisi yang relative rendah, selain beresiko mendatangkan penyakit, hal tersebut juga tidak membuat kenyang lebih lama.

Makan berlebihan terutama yang mengandung garam, gula dan kafein dapat merusak jantung dan ginjal, serta memperlambat system kekebalan tubuh, dan yang jelas dapat menambah berat badan.

 

  1. Olahraga

Aktif secara fisik memiliki manfaat Kesehatan yang signifikan, penting untuk tetap berolahraga secara teratur meski dalam menjalankan ibadah puasa.

Perlu diingat jika tingkat energi dan kesabaran selama hari puasa tidak akan sama, sehingga hindari angkat berat atau Latihan dengan intensitas tinggi selama berpuasa.

Jika ingin melakukan olahraga ringan saat berpuasa, dapat dicoba dengan berjalan kaki, jogging, pilates, yoga atau peregangan. Berjalan- jalan adalah bentuk Latihan termudah dalam menyesuaikan hari saat berpuasa.

Baca Juga :  PERSIB dan Frets Listanto Butuan: Perpisahan yang Menggugah Emosi

 

Jangan jadikan alasan saat berpuasa untuk bermalas-malasan, ambilah kesempatan untuk focus pada diri sendiri dan tubuh anda dengan melakukan beberapa aktivitas dan tetap semangat menjalankan puasa.***