Merawat Tradisi Seni Bela Diri Tematik Bersama Padepokan Gelar Pusaka Pusat

Bandung, Jabartrust.com, – Padepokan seni bela diri Pencak Silat Tematik Gelar Pusaka Pusat (GPP) Bandung menggelar pentas Sareundeuk Saigel pada Jumat 17 Mei 2024 di Gedung YPK Naripan Braga, Kota Bandung.

Padepokan Seni yang sudah ada sejak tahun 1978 ini di asuh oleh seorang pelatih bernama Ade Suhana, atau biasa juga dikenal dengan “Abah Ade”. Sejak berdiri, Padepokan seni bela diri pencak silat Tematik Gelar Pusaka Pusat (GPP) ini telah menorehkan banyak prestasi bukan hanya mewakili Kota Bandung melainkan juga mewakili Jawa Barat diajang berlevel Nasional.

Abah Ade menuturkan sejak di bentuk, Padepokan seni bela diri Gelar Pusaka Pusat sudah banyak menyumbangkan prestasi bagi Jawa Barat, salah satunya adalah juara umum berturut-turut di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas), yakni pada tahun 2011 di Jakarta, 2015 di Bali, 2017 di Kalimantan, 2022 di Sumatera Barat, dan terakhir pada tahun 2023 di Jawa barat.

Baca Juga :  Pelatihan Guru Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Cara Jasa Raharja Bentuk Agen Keselamatan di Sekolah

“Sejak berdiri kami sudah  menyabet sejumlah gelar bagi Jawa Barat, Salah satunya adalah dengan merebut 6 kali juara umum di Fornas” ungkap Abah Ade.

Di Padepokan sendiri ada beberapa kelas yang biasa menjadi kegiatan rutin Latihan, diantaranya adalah Pencak Silat dan juga Tari Jaipongan.

Abah Ade menuturkan, meski sudah memberikan banyak prestasi bagi Jawa Barat, namun Padepokan ini belum pernah tersentuh apresiasi dari pemerintah apalagi berbentuk bantuan, padahal menurutnya banyak sekali yang diperlukan saat ini agar pembinaan yang dilakukan dapat berjalan maksimal.

“kami sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah, utamanya bantuan alat peraga, matras serta gamelan, yang sejauh ini hanya bertumpu dari bantuan orang tua murid” jelas Abah Ade.

Baca Juga :  Manfaat Dzikir Pagi dan Petang
Fakhri Hamzah, Murid Padepokan seni bela diri Pencak Silat Tematik Gelar Pusaka Pusat (GPP) Bandung
Fakhri Hamzah, Murid Padepokan seni bela diri Pencak Silat Tematik Gelar Pusaka Pusat (GPP) Bandung

Sementara itu tutur salah seorang siswa yang masih duduk di kelas 3 SD, Fakhri Hamzah, dirinya sangat senang dapat berlatih silat di Padepokan ini, karena selain dapat melatih ilmu bela diri juga dapat turut serta mempertahankan tradisi budaya bangsa.

“Senang, bisa mempelajari ilmu bela diri yang juga merupakan tradisi asli dari Indonesia” Tutup Fakhri.***(Red).