Pengguna Jalan Kaget Dikira Ada Razia, Gak Taunya..

JABARTRUST.COM, KUNINGAN – Tepat pukul 08.15 Wib, Satlantas Polres Kuningan menghentikan para pengendara di 3 lokasi. Bukan untuk melakukan razia kendaraan, tapi mengajak para pengguna jalan yang kebetulan melintas berhenti sejenak untuk mengheningkan. Pengendara diminta untuk mendo’akan para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran dalam membela bangsa dan negara Indonesia.

Selain di Bundaran Cijoho, kegiatan tersebut juga dilakukan di depan Mapolres Kuningan dan depan Kantor Bupati Kuningan, Kamis (10/11/2022). Sebelumnya, melalui pengeras suara polisi meminta para pengendara mematikan mesin kendaraan selama satu menit.

Baik pengendara maupun masyarakat sekitar tampak antusias ikut memberikan penghormatan bendera merah putih dan mengheningkan cipta dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kegiatan itu juga melibatkan instansi lainnya seperti TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan.


“Ini sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan, makanya kita ajak masyarakat berhenti sejenak, mengingat jasa Para Pahlawan. Dan pada peringatan Hari Pahlawan saat ini mengambil tema Pahlawanku, Panutanku,” kata Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Vino Lestari kepada awak media.

Baca Juga :  Pulih setelah PMK Garut memiliki tambahan ternak

Vino menambahkan, kegiatan mengheningkan cipta ini juga diikuti oleh para pejalan kaki yang sedang melintas di tempat tersebut. Tanpa jasa dari para pahlawan terdahulu yang mampu merebut dan mempertahankan kemerdekaan, maka Bangsa Indonesia tidak akan menghirup udara bebas seperti sekarang ini.

“Perlu diingat, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya,” ujar Vino.

Sementara itu, sejumlah pengendara mengaku kaget saat kendaraannya diberhentikan oleh polisi. Mereka mengira ada razia namun setelah mengetahui untuk mengheningkan cipta, para pengendara pun mengikutinya.

“Kirain ada razia, ternyata mengheningkan cipta mendo’akan para pahlawan yang telah gugur. Kegiatan ini sangat bagus, saya berdo’a yang terbaik untuk para pahlawan,” ujar salah seorang pengendara, Nurdianto (35). ***(Gwen Shareen Yavisa)

Baca Juga :  Pelaku Begal Kepala Sekolah Viral, Diringkus Polisi, Empat Timah Panas Bersarang Di KakiDi Kaki