Permintaan Kolang Kaling Di Tasik Melimpah, Perajin Kekurangan Bahan Baku

proses pembuatan manisan kolang kaling di tasikmalaya/ foto: istimewa
proses pembuatan manisan kolang kaling di tasikmalaya/ foto: istimewa

JABARTRUST.COM, TASIKMALAYA, – Datangnya bulan suci Ramadan jadi berkah tersendiri bagi para perajin kolang kaling di Tasikmalaya, pasalnya menurut warga di Kampung Gunung Tanjung Desa Gunung Tanjung Kecamatan Gunung Tanjung Kabupaten Tasikmalaya, permintaan pasar sangat tinggi, bahkan di bandingkan tahun lalu peningkatanya mencapai 80 persen.

“permintaan tahun ini alhamdulillah meningkat drastis hingga 80 persen, namun yang jadi kendala adalah ketersediaan bahan bakunya, ujar Nunur, Pengrajin Kolang Kaling.

Kolang kaling merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak di buru saat di bulan ramadhan pasalnya sering dijadikan makanana takjil di saaat berbuka puasa

meningkatnya permintaan tersebut berimbas terhadap bahan baku yang kini di wilayah Tasik,

Baca Juga :  Silaturahmi Ke Pesantren, Menko Perekonomian Beri Modal UMKM Hingga 500 Juta

“belum lagi kehadiran bandar- bandar baru yang menjual kolang kaling sehinga berdampak pula pada harga jual” lanjutnya


Nunur juga menceritakan jika oderan yang masuk ke pengrajin kolang kaling di kampungnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan Tasikmalaya dan sekitaranya saja, namun juga permintaan datang hingga dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang besar tersebut, mereka terpaksa harus mendatangkan kolang kaling dari luar daerah seperti dari Palembang, Padang dan Medan, yang tentunya menambah biaya operasional.

permintaan kolang kaling ini diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir bulan puasa, menimbang tingginya konsumsi masyarakat.***(Albuzar)