Pesan Ketua KNPI Kabupaten Bandung, Jadikan Ibadah Kurban Sebagai Pilar Pemuda Berakhlak

JABARTRUST.COM, KAB. BANDUNG – DPD KNPI Kabupaten Bandung memiliki harapan penuh kepada para pemuda muslim yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk bisa memegang teguh prinsip dan makna ibadah kurban dalam momentum perayaan Idul Adha 144 Hijriyah/2022 Masehi.

Indonesia merayakan Idul Adha pada hari Minggu (10/7/2022).

Menurut Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung, Azis Syamsul Ashri, momentum berkurban untuk meningkatkan ketakwaan, sebagai wujud meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Tak hanya itu, ibadah kurban juga menjadi kesempatan besar mendidik jiwa muda supaya lebih mencintai dan peduli kepada masyarakat sosial tanpa pandang bulu.

Azis ingin setiap pemuda yang terlahir di Kabupaten Bandung menjadi generasi pemberi stimulus positif dan berkarakter agama yang kuat, terutama dalam menegakan pilar ketakwaan.

Baca Juga :  Sidang Pra Peradilan Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pompa Riool Memasuki Sidang Pertama

“Berkurban itu agar kita lebih bertakwa, sekaligus meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Dengan meomentum yang luar biasa ini harus bisa membangun pilar ketkawaan disetiap diri masyarakat,” kata Azis di sela-sela kegiatan pemotongan hewan kurban, Minggu (1/7/2022).

DPD KNPI Kabupaten Bandung pada tahun ini berkurban 2 ekor sapi. Nantinya hasil daging potong akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan dan anak yatim.

“Ada rasa cinta, ada rasa sayang dalam setiap daging yang disalurkan kepada mereka yang berhak untuk mendapatkannya. Ini adalah satu momen yang sangat di nantikan oleh jutaan umat muslim di dunia terutama kami di sini, karena kurban adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah,” kata Azis.

Baca Juga :  Petani Program Desa Digital Jadi Direktur Utama Pertanian Modern

“Jangan melihat jumlahnya, karena di mata Allah SWT yang terpenting adalah ketulusan dan keihklasan kita dalam menjalankan segala perintahnya. Yang terpenting adalah ada nilai kebaikan yang ingin kita bawa sebagai bekal kita nanti,” lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Koperasi Muamalah tahun 2013-2015.

Baginya berkurban adalah ladang pahala yang tak pernah terputus.

“Semoga ini menjadi ladang pahala bagi setiap insan yang menjalankan perintah Allah,” harap mantan Ketua Umum Komisariat HMI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Cab. Kabupaten Bandung periode 2012-2013 ini.

Kesabaran dan keikhlasan dibawah naungan rasa cinta yang di contohkan Nabi Ibrahim AS sudah menjadi petunjuk seluruh umat manusia dalam menjalani kehidupan.

Azis yang dulu pernah duduk sebagai Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Bandung di tahun 2016 hingga 2019 ini berpesan, kepada para pemuda untuk melihat lebih dalam, arti ketakwaan dan keikhlasan Nabi Ismail dalam menerima ketentuan Allah.

Baca Juga :  Kemungkinan Besar Pemain 3 Pemain Persib ini Akan Dilepas

“Karena kuatnya ketakwaan mereka, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba,” ujar Azis.

Hal, inilah yang ingin diajarkan Azis kepada semua generasi penerus bangsa yang ada saat ini.

Dengan berbekal ilmu agama yang dulu pernah ia tuntut hingga menyandang gelar Sarjana Syariah dari UIN Bandung, selalu menanamkan lima pesan sebagai seorang pemuda muslim yang berkualitas.

“Ada lima pesan dari Khodijah yang selalu di pegang teguh yaitu jangan menduakan Allah, Rajin ibadah, Berakhlak baik, Memiliki rasa malu, dan tidak meminta-minta,” tegasnya. ***(HEDDY)