Polsek Cijambe Dukung Kerajinan Kain Dari Serat Daun Nanas Untuk Ekspor

JABARTRUST.COM, SUBANG – Polsek Cijambe Polres Subang mendukung akan keterampilan warga yang berada di Kampung Cijoged, Desa Cikadu, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang. Pasalnya, pemuda di wilayah tersebut dapat membuat keterampilan yang mengubah serat daun nanas menjadi sebuah kain.

Kapolsek Cijambe, Iptu Kusmawan mengaku terkesan dengan hasil tanaman bumi seperti daun buah nanas yang dapat disulap menjadi sebuah kain oleh para warga Cijoged tersebut.

“Tentunya sangat luar biasa apa yang dilakukan oleh warga Cijoged ini dengan memanfaatkan daun buah nanas yang dapat dijadikan sebagai mata pencaharian warga,” ujar Kusmawan, Selasa (25/10/2022).

Menurut Kusmawan, pihaknya juga akan melakukan pembinaan terhadap para pengrajin serat daun nanas di wilayah tersebut. Ia menganggap bahwa hasil olahan tangan yang dapat merubah serat daun dari warga Cijoget itu perlu adanya pendampingan serta dukungan agar usaha itu bisa terus berkembang.

Baca Juga :  Tokoh Nasional Ini "Utang Nyawa" Pada Terawan, Siapa Saja Dia?

“Ini sangat luar biasa, kita mengapresiasi dan tentunya juga bangga di wilayah Cijambe ini dapat membuka usaha yang tak biasa seperti pada umumnya. Tadi saya juga langsung ngobrol bersama dengan Kepala Desa Cikadu untuk melakukan pembinaan. Ini juga merupakan suatu aset yang harus terus dikembangkan,” katanya.

“Apalagi waktu saya tau kalau ini sudah pernah ekspor sama banyak mendapatkan respons yang positif dari masyarakat,” ucap Kusmawan menambahkan.

Sekedar diketahui, keterampilan yang mengubah serat daun nanas menjadi kain ini sudah berjalan sejak tahun 2013 yang dinahkodai olen Alan Sahroni (33) warga Cijoged.***(Harry)