Wisata Alam Cigunung Tugu Jadi Pilihan Saat Libur Lebaran untuk Healing

wisatawan menikamati suasana di Wisata Alam Cigunung Tugu

JABARTRUST.COM. KAB.CIANJUR — Di H+6 lebaran, Wisata Alam Cigunung Tugu di Desa Pasawahan, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur dibanjiri pengunjung.  Bahkan beberapa pengunjung dari Bandung rela datang, demi rasa penasaran dengan pemandangan yang disuguhkan di Cigunung Tugu.

Kades Desa Pasawahan, Ega Muhammad Fajar mengatakan, setelah lebaran, Wisata Cigunung Tugu dibanjiri pengunjung baik dari Cianjur maupun luar Cianjur.

“Untuk pengunjung Alhamdulillah sangat antusias. Kenaikan hampir 100 persen lebih,” kata Ega Kepada Wartawan Minggu 8 Mei 2022.

Ega mengungkapkan, saat ini di Cianjur sedang diterapka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, protokol kesehatan pun diterapkan di tempat wisata itu dengan ketat.

“Untuk prokesnya sesuai anjuran dari Bupati Cianjur, Herman Suherman bahwa prokes di tempat wisata harus tetap dijalankan. Dan kami di ini (Wisata Alam Cigunung Tugu) menerapkan itu,” kata Ega.

Ketua Pokdarwis Cigunung Tugu, Yandi Madyani mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) juga banyak yang berjualan di Wisata Alam Cigunung Tugu.

Baca Juga :  KONI Cianjur Berikan Bonus Untuk Atlet Peraih Medali Porprov 2022

“Untuk UMKM juga banyak yang berjualan,” kata Yandi.

Di sisi lain, Yandi mengungkapkan, sebelumnya Wisata Alam Cigunung Tugu masuk ke salah satu rencana induk pembangunan pariwisata Kabupaten Cianjur, dan penyelengaraan kepariwisataan. Namun, dia menilai, perhatian dari dinas terkait terhadap Wisata Alam Cigunung dinilai masih kurang.

“Dulu di peraturan daerah Kabupaten Cianjur nomor 01 tahun 2017 tentang renacan induk pembangunan pariwisata. Intinya kami berharap agar pihak terkait bisa lebih memperhatikan tempat wisata ini,” ungkap Yandi.

Salah satu pengunjung Wisata Alam Cigunung Tugu asal Kota Bandung, Eva Agustina (24) didampingi temannya Putri Destinasi (20) mengungkapkan sangat betah berwisata di Wisata Alam Cigunung Tugu.

Baca Juga :  Pria Tersambar Petir saat memberi makan Ternak Bebek nya

“Tadinya sih tidak ada rencana ke sini, cuman rekomendasi dari teman-teman itu katanya ada wisata baru di sini dan wisatanya bagus. Makannya coba ke sini dan wisatanya sebagus yang dikatakan orang-orang,” ungkap Eva.

Eva melanjutkan, setelah datang ke Wisata Alam Cigunung Tugu ternyata pemasangannya sangat bagus.

“Pemandangannya bagus banget, terus dingin, bisa nongkrong, nyaman dan bisa naik perahu. Nanti saya ke sini lagi ajak keluarga, soalnya momennya bagus,” ungkap Eva.

Untuk Diketahui, Wisata Alam Cigunung Tugu merupakan wisata yang menyediakan danau dengan keindahan alamnya yang masih asri dan airnya pun belum terkontaminasi.

Danau Cigunung Tugu berdampingan dengan makam pahlawan. Tak heran jika tempat wisata tersebut menjadi tujuan masyarakat untuk berlibur usai lebaran. (Goys)

Baca Juga :  Belajar Berbagi dan Beramal Sejak Dini, Siswa SD Islam Al-Ikhlas Bagikan Takjil untuk Masyarakat