726.000 Buku dari Perpusnas untuk 726 Desa di Jabar

JABARTRUST.COM.KOTA BANDUNG — Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas dukungan nyata dalam membangun budaya literasi dan meningkatkan kecerdasan masyarakat Jawa Barat melalui sumbangan 726.000 buku. Bantuan ini berasal dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dan diberikan dalam rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Membaca Provinsi Jabar yang berlangsung di El Royale Hotel, Kota Bandung, pada Selasa (25/6/2024).

Setiap desa di Jawa Barat menerima 1.000 judul buku dari total sumbangan tersebut. Bey Machmudin menyampaikan apresiasinya dalam sambutan resmi.

“Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perpustakaan Nasional atas program bantuan 1.000 judul buku kepada 726 desa di Jabar. Ini adalah bentuk nyata dukungan pemerintah pusat dalam membangun literasi dan tingkat kecerdasan masyarakat Jawa Barat,” ungkap Bey Machmudin.

Baca Juga :  Alat Berat Diterjunkan untuk Percepat Proses Penanganan Sampah di Jembatan Babakan Sapan Batujajar

“Kami berharap kegiatan ini menghasilkan hal-hal baik yang dapat ditindaklanjuti supaya anak-anak kita gemar membaca,” tambahnya.

Bey juga menyoroti darurat literasi yang dirasakan di Jawa Barat dan menyebutkan beberapa metode yang dapat diterapkan di sekolah atau perguruan tinggi. Inspirasi ini didapatkan dari rapat bersama anggota Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Saya menyampaikan dalam rapat itu bahwa di perguruan tinggi yang maju, mahasiswa sudah jarang mendengarkan dosen mengajar. Sebaliknya, mereka diberikan buku dan lebih banyak terlibat dalam diskusi. Nilai mereka semakin baik seiring dengan penguasaan buku,” ujarnya.

“Apakah metode itu memungkinkan diterapkan agar mahasiswa juga dibiasakan membaca, mungkin satu minggu satu buku,” lanjutnya.

Baca Juga :  Bupati Tasik Ade Sugianto Apresiasi Masyarakat Jaga Kondusifitas Pasca Pemilu

Bey berharap bantuan 726.000 buku dari Perpusnas untuk 726 desa ini akan semakin menumbuhkan kegemaran membaca di Jawa Barat.