Disbudpar Jadikan Program Literasi Budaya Sebagai Pengenal Budaya Cirebon

JABARTRUST.COM, CIREBON – Partisipasi generasi milenial terhadap perawatan cagar budaya di Kota Cirebon menjadi perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon (Disbudpar).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan beberapa komunitas yang peduli akan cagar budaya.

“Kita bekerja sama dengan Cirebon History, dimana komunitas tersebut memberikan paket-paket kunjungan ke objek budaya dengan kemasan yang unik,”katanya, Kamis (3/8).

Dirinya melanjutkan, mereka menyediakan paket walking tour ke beberapa situs yang memang jarang ada wisatawan yang mengetahui.

“Proses pengenalan itu menjadi pintu masuk untuk mengetahui berbagai macam budaya di Kota Cirebon,”lanjutnya.

Ia menjelaskan, mereka mengajak anak-anak muda yang konsen terhadap budaya dan juga kesenian.

Baca Juga :  Dorong Peningkatan Laba, Jasa Raharja Maksimalkan Strategi Internal dan Eksternal Perusahaan

“Nantinya kita akan menyelenggarakan event-event, dan saya rasa itu akan efektif untuk memperkenalkan budaya Kota Cirebon,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan dinas pendidikan guna mensosialisasikan kebudayaan pada anak-anak usia dini.

“Kita ada program literasi budaya dan profesi, ini goalsnya sebetulnya bagaimana anak-anak usia emas mengenal cagar budaya dan juga institusi profesi,” jelasnya.

Kunjungan terhadap institusi profesi ini dilakukan dengan tujuan memperkenalkan tugas-tugas dari institusi tersebut.(Sakti)