Inggris dan Jabar Perkuat Kerja Sama: Fokus pada Pendidikan, Lingkungan, dan Ekonomi

Jabartrust, KOTA BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Inggris menjalin kerja sama yang erat dalam berbagai bidang dengan tujuan memperluas hubungan yang telah terbentuk sebelumnya.

Kedatangan Kepala Ekonom Kantor Persemakmuran dan Pembangunan Luar Negeri Inggris (FCDO) Adnan Khan ke Gedung Sate, Bandung, mewakili Kedutaan Besar Inggris, merupakan langkah konkrit untuk mengembangkan kerja sama yang telah dilakukan dengan Provinsi Jabar.

Sebelumnya, kerja sama telah terjalin dengan The University of Nottingham terkait penurunan emisi karbon dan City of Glasgow College dalam pelatihan kemaritiman untuk siswa SMK Kemaritiman. Rencananya, pada bulan April 2024, perwakilan dari The University of Nottingham akan datang untuk membahas implementasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Sekda Jabar Dorong Efektivitas Digitalisasi Pengelolaan Sampah

Selain itu, Pemdaprov Jabar dan Inggris membuka peluang kerja sama lainnya, termasuk peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja sama dengan King’s College London, serta pembentukan _sister province_ dengan East Midlands dan Greater Manchester.

“Indera Sofyan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Jabar, menjelaskan bahwa kerja sama dengan King’s College London difokuskan pada peningkatan kapasitas ASN, meningkatkan kualitas birokrasi, dan pelayanan publik. Sementara dengan _sister province_, potensi kerja sama terbuka lebar dengan East Midlands dan Greater Manchester,” ungkapnya.

Iendra juga mengungkapkan potensi kerja sama lainnya yang melibatkan BUMD Migas Utama Jabar (MUJ) dalam pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), serta percepatan pengembangan kawasan Rebana, Cekungan Bandung, dan Patimban.

Baca Juga :  Sekda Setiawan: Sampah Bisa Dikelola untuk Pengembangan Ekonomi Rakyat

“Kerja sama ini telah berlangsung sejak lama dan terus berkembang. Bahkan, ada rencana untuk lebih memperluas kerja sama ini dengan British Embassy,” tambah Iendra.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan keterbukaannya untuk menjajaki kerja sama dengan negara manapun demi mempercepat pembangunan di wilayahnya.

Adnan Khan, dari Inggris, menjelaskan bahwa pemilihan Jawa Barat sebagai mitra kerja sama dilakukan karena provinsi ini memiliki beragam potensi. Ia berharap kerja sama yang dilakukan dapat memberikan dampak positif, khususnya dalam intervensi emisi karbon.

“Kami sangat senang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terutama dalam program untuk mengakselerasi perubahan iklim dan peningkatan kapasitas,” ujar Adnan.

Menurut Adnan, salah satu daya tarik kerja sama dengan Jawa Barat adalah pertumbuhan ekonominya yang relatif stabil.

Baca Juga :  Sekda Mohamad Zen Apresiasi Produk UMKM Kab. Tasikmalaya Masuk ke Ritel Modern