Jabar Raih Predikat Terbaik Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2022

Jabartrust, Bandung – Prestasi gemilang berhasil diraih Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Tahun Anggaran 2022. Kemendagri memberikan penghargaan tertinggi dengan predikat Terbaik, menyematkan nilai A untuk prestasi luar biasa yang telah ditorehkan.

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 900.1.15.3 – 387 Tahun 2023 menjadi dasar penetapan prestasi tersebut. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Jawa Barat, Linda Al Amin, menyatakan bahwa prestasi ini mencerminkan kinerja optimal dalam mengelola keuangan daerah, berkontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Predikat Terbaik ini menegaskan bahwa Pemda Provinsi Jabar telah berhasil menjalankan pengelolaan keuangan daerah dengan baik. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras dan ketaatan pada peraturan yang ditunjukkan oleh seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemda Provinsi Jabar,” ungkap Linda.

Baca Juga :  Kementerian Lingkungan Hidup Lakukan Penilaian Kampung Proiklim di Kelurahan Kesenden

Menurutnya, prestasi ini juga mencerminkan komitmen dan konsistensi Pemda Provinsi Jabar dalam menjalankan pengelolaan keuangan yang efisien, efektif, transparan, dan bertanggung jawab.

Dalam dimensi pengukuran IPKD, yang mencakup kesesuaian dokumen perencanaan dan penganggaran, pengalokasian anggaran belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), transparansi keuangan daerah, penyerapan anggaran, kondisi keuangan daerah, dan opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), Pemda Provinsi Jabar unggul dalam setiap aspek.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Yusharto, menyatakan bahwa pengukuran IPKD melibatkan enam dimensi kunci. Ia berharap kontribusi Pemda dalam penginputan data ke aplikasi IPKD akan terus meningkat, dengan penginputan yang tertib dan sesuai ketentuan.

Baca Juga :  DPRD Subang Sentil Disdik, Kok Masih Ada Siswa Belajar Tanpa Kursi dan Meja

Keberhasilan ini bukan hanya prestasi bagi Pemda Provinsi Jabar, tetapi juga menjadi inspirasi untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah di seluruh Indonesia.