Kegiatan Diseminasi Policy Brief Percepatan Penurunan Stunting di Kota Bandung

Jabartrust, Bandung – Pada tanggal 12 Desember 2023, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Diseminasi Hasil Kajian Policy Brief Percepatan Penurunan Stunting di Kota Bandung. Acara ini diawali oleh Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN RI, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si, M.Eng. Hadir pula Direktur Analisis Dampak Kependudukan, Dr. Faharuddin, SST., M.Si, dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa, S.H.

Dalam sambutannya, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto menegaskan pentingnya kerjasama Pendidikan Kependudukan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kondisi kependudukan. Ia menyebut bahwa kesadaran terhadap kondisi kependudukan memiliki peran krusial dalam mencegah bencana demografi dan meminimalisir konflik yang dapat timbul akibat populasi yang berlebihan.

Baca Juga :  Hewan Mati Akibat PMK Petani Tasikmalaya Terima Santunan

Studi kasus intervensi percepatan penurunan stunting di empat kabupaten Jawa Barat, yaitu Cianjur, Sukabumi, Garut, dan Bandung Barat, menjadi fokus utama kegiatan tersebut. BKKBN Jawa Barat, bersama UPI dan IPB, menggambarkan praktik baik sebagai hasil inovasi dalam penyusunan program yang lebih efektif.

Boni menekankan perlunya menyebarkan hasil studi kasus ini guna memahami praktik baik yang berhasil dipotret. Mitra kerja yang mendukung upaya percepatan penurunan stunting juga turut hadir dalam acara tersebut.

Melalui Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), diharapkan siswa dapat mengembangkan sikap kritis terhadap isu kependudukan, serta berkomitmen mempertimbangkan aspek kependudukan dalam perencanaan kehidupan mereka di masa depan. Dengan demikian, upaya bersama ini diharapkan dapat merangsang perubahan positif dalam mengatasi prevalensi stunting di Jawa Barat. (Nonu)

Baca Juga :  KAI Daop 3 Cirebon Akan Jual Tiket Murah, Simak Tanggalnya