Kunjungi Sentra Rotan di Majalengka, Amanda Soemedi Dorong Pemasaran Digital

JABARTRUST.COM.KABUPATEN MAJALENGKA, – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Amanda Soemedi Bey Machmudin, mengunjungi sentra pengrajin rotan di Desa Nanggerang dan Desa Lame, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, pada Rabu (19/6/2024).

Saat tiba di Desa Nanggerang, Amanda menyapa para pengrajin yang sedang melakukan aktivitas menganyam rotan. Ia menilai bahwa hasil kerajinan rotan dari para pengrajin sudah sangat baik dan memiliki sentuhan lokal yang khas. Namun, Amanda menekankan pentingnya meningkatkan pemasaran produk secara masif, terutama di dunia digital.

“Produknya sangat baik dan memiliki sentuhan lokal, hanya perlu pengembangan marketing agar penjualannya lebih banyak dan kesejahteraan para pengrajin meningkat,” ujar Amanda di lokasi.

Baca Juga :  4 Tahun Minta Bantu Ke Disdik Subang, Murid SDN Banjarsari Masih Belajar Di Lantai

Amanda optimistis bahwa dengan pemasaran yang komprehensif dan masif, baik secara offline maupun online, pendapatan para pengrajin dapat meningkat signifikan. “Saat ini penghasilan mereka masih kecil, jadi perlu dibantu dengan pemasaran yang lebih luas,” tambahnya.

Para pengrajin rotan juga telah berkontribusi dalam mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan besek rotan untuk membagikan daging kurban kepada warga saat Iduladha. “Pada Iduladha kemarin, mereka menggunakan besek rotan sebagai wadah, tidak ada yang menggunakan plastik, ini juga membantu mengurangi sampah plastik,” jelas Amanda.

Amanda juga mengunjungi gudang logistik rotan di Desa Lame, Kecamatan Leuwimunding, untuk melihat lebih dekat proses penyimpanan dan distribusi bahan baku rotan.

Baca Juga :  BPNB : Arus Angkutan Daging dan Ternak Terinfeksi Berakibat Penyebaran PMK

Masih dalam rangkaian kunjungannya di Kabupaten Majalengka, Amanda menikmati keindahan alam Situ Cipanten dengan menaiki perahu. Ia mengajak warga Jawa Barat untuk mengunjungi objek wisata yang terkenal instagramable ini, yang menawarkan wahana perahu, ayunan, dan juga tempat berenang.

“Halo semua akang dan teteh, hayu berwisata ke Majalengka Situ Cipanten, tempatnya oke dan alamnya indah,” ujar Amanda mengajak.

Dengan dorongan pemasaran digital dan promosi pariwisata, diharapkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Majalengka dapat terus berkembang dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat setempat.