Lapas Cikarang Kelas IIA Dapat Penghargaan KPPN Award dan Penandatanganan Fakta Integritas

Jabartrust, Kabupaten Bekasi – Lapas Cikarang Kelas IIA telah meraih penghargaan KPPN Award sebagai pengakuan atas dedikasi dan prestasi yang telah diraih dalam pelayanan dan manajemen keuangan yang terbaik yang digelar di Aula KPPN Bekasi pada Rabu, 20 Desember 2023.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) atas kontribusi yang signifikan yang telah diberikan oleh Lapas Cikarang Kelas IIA dalam berkembangnya sektor perbendaharaan negara di Indonesia.

Penghargaan KPPN diberikan berdasarkan kriteria-kriteria yang ketat, termasuk penilaian terhadap transparansi dan akuntabilitas keuangan, efisiensi pengelolaan keuangan serta implementasi sistem pengendalian internal yang baik. Lapas Cikarang Kelas IIA berhasil memenuhi semua kriteria tersebut dengan baik sehingga layak menerima penghargaan ini.

Baca Juga :  Taman Pedati Gede Jadi Ikon Baru Kota Cirebon

Kepala Lapas Cikarang Kelas II A Imam Sapto Riadi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan di Lapas Cikarang pada tahun 2023 menjadi evaluasi kepada seluruh UPT dibawah KPPN Bekasi untuk peningkatkan pelaksanaan kegiatan keuangan ditahun 2024, ujarnya, Rabu (20/12/2023).
” Diharapkan semua satker dapat melaksanakan kegiatan keuangan pada tahun 2024 dengan lancar dan selaku berkoordinasi dengan KPPN Bekasi dalam pelaksanaannya, tukas Imam Sapto Riadi Kalapas Cikarang.

“Prestasi ini menjadi bukti nyata dari komitmen Lapas Cikarang Kelas IIA dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan menjadi mitra kerja yang handal bagi KPPN. Sebagai lembaga pemasyarakatan kelas II A, Lapas Cikarang Kelas IIA memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kepada narapidana. Namun, tidak hanya itu, Lapas Cikarang Kelas IIA juga diharapkan mampu mengelola aspek keuangan dengan baik agar dapat mendukung pemenuhan tugas dan fungsi lembaga secara optimal, tambahnya.

Baca Juga :  Polres Kuningan berjibaku Monitoring Minyak Goreng

Selain meraih penghargaan KPPN Award, di tahun yang sama, Lapas Cikarang Kelas IIA juga melakukan penandatanganan Fakta Integritas untuk Tahun Anggaran 2024 dan serah terima DIPA secara simbolis.

‘Penandatanganan ini sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari dengan jujur, adil, dan bertanggung jawab sesuai dengan prinsip integritas yang sangat penting dalam lembaga pemasyarakatan.

Dalam Fakta Integritas ini, Lapas Cikarang Kelas IIA berjanji akan mengutamakan kepentingan masyarakat dan negara di atas segalanya serta menjalankan tugas dengan profesionalitas tinggi dan tidak melibatkan diri dalam praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme. Komitmen ini penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang transparan dan bebas dari praktik-praktik tidak etis yang dapat merusak citra dan kredibilitas lembaga.

Baca Juga :  Dua Pelajar Asal Pangandaran Wakili Jawa Barat di Tingkat Nasional

“Lapas Cikarang Kelas IIA juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pegawainya dalam mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Di era digital ini, teknologi informasi juga telah menjadi bagian penting dalam pengelolaan keuangan yang berkualitas. Dengan adanya sistem pengendalian internal yang baik dan penggunaan teknologi informasi yang tepat, Lapas Cikarang Kelas IIA dapat mengoptimalkan proses pengelolaan keuangan yang membantu memastikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik, tambah Imam Sapto Riadi.