Menteri Ketenagakerjaan Apresiasi Pelayanan KB Serentak Gratis: Langkah Menuju Kesejahteraan Keluarga Pekerja

Jakarta, Jabartrust.com – Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengapresiasi kegiatan Pelayanan KB Serentak secara gratis se-Indonesia, yang digelar BKKBN bekerjasama dengan Kemenaker dan Apindo, Rabu (15/5/2024). Menaker menjelaskan Pelayanan KB Serentak ini merupakan manifestasi tema memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) 2024: Pelayanan KB di Tempat Kerja dan Hari Keluarga Nasional 2024 secara serentak di seluruh Indonesia.

Menurutnya program KB turut berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga pekerja dan menguntungkan perusahaan. “Perencanaan keluarga melalui Program KB, akan berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan. Termasuk menurunkan angka stunting pada anak.

Sehingga pekerja dan keluarga akan menjadi kompeten, produktif dan sejahtera. Dan itu secara tidak langsung akan juga menguntungkan bagi perusahaan,” terang Ida, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga :  Tim Samsat Soreang Adakan Talkshow Radio Di Samsat Sore

Menaker berharap kegiatan ini menjadi program yang berkelanjutan. Apalagi pelayanan KB ini diberikan secara gratis kepada masyarakat dan pekerja. Di Jawa Barat, kegiatan Pelayanan KB Serentak dipusatkan di PT. Chang Shin serta Rumah Sakit Rosela Kabupaten Karawang dan 7 Kabupaten/Kota lainnya.

Daerah yang turut berpartisipasi antara lain dari Kab. Pangandaran, Kab. Majalengka, Kab. Sumedang, Kab. Subang, Kab. Bekasi, Kab. Bandung dan Kota Tasik. Lokasi kegiatan di perusahaan-perusahaan yang sudah bekerjasama dengan Dinas KB setempat.  Kabupaten Karawang pada kegiatan ini berhasil memberikan pelayanan KB kepada 90 akseptor. Dengan rincian 30 akseptor Metode Operasi Wanita (MOW), 10 akseptor IUD, 10 akseptor implan, 30 akseptor suntik, 5 akseptor pil dan 5 akseptor kondom.  Deputi Bidang KBKR BKKBN, melalui sambungan daring menyampaikan, hal yang dilakukan dan Karawang patut dicontoh perusahaan lainnya di Indonesia. Nonu

Baca Juga :  Harga Emas Antam Hari Ini Naik Menjadi Rp1.119.000 per Gram