Pangandaran Sukses Jadi Daerah Otonom Baru

JABARTRUST.COM, PANGANDARAN– Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menilai Kabupaten Pangandaran merupakan contoh daerah pemekaran yang sukses.

Dengan demikian, Kabupaten Pangandaran sebagai daerah otonom baru bisa membuka jalan bagi pemekaran-pemekaran daerah lain di Jawa Barat.

“Kabupaten Pangandaran merupakan contoh DOB (Daerah Otonomi Baru) yang berhasil. Keberhasilan Kabupaten Pangandaran bisa dijadikan rujukan bagi pemekaran daerah-daerah otonom baru di Jawa Barat,” ungkapnya pada uji coba jembatan Karangtirta Kabupaten Pangandaran, Minggu (12/3/2023).

Menurut Anggota Komisi IV DPR RI tersebut, Kabupaten Pangandaran berhasil mengembangkan potensi daerahnya, seperti dalam bidang wisata dan pemberdayaan masyarakat.

Dikatakannya ratusan daerah otonom baru telah dibentuk sejak era reformasi, salah satunya Pangandaran. Walau tidak semua daerah otonom baru berhasil berkembang pesat.

Baca Juga :  Ribuan Hewan Sempat Terpapar, Kini Kasus PMK Cirebon Cenderung Menurun

“Pangandaran termasuk yang pesat perkembangannya. Bisa dilihat dari penataan pantai Pangandaran telah menjadi destinasi yang hebat di Jabar. Lalu pembangunan infrastruktur jalan berkembang pesat dan sudah bagus,” terangnya.

Ono menerangkan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata juga secara aktif mencari anggaran untuk membangun Pangandaran. Bahkan juga datang ke ke Komisi IV DPR.

“Pak Bupati Jeje ini tidak tinggal diam. Dia jago cari anggaran, sehingga Pangandaran bisa berkembang,” katanya.

Ia menambahkan tak hanya membangun infrastruktur yang mumpuni, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pangandaran kini memiliki aquarium besar.

Mengingat dari sisi pelayanan kesehatan, Pangandaran juga telah membangun rumah sakit lalu puskemas yang bagus.

“Di sisi investasi telah lahir banyak hotel bintang masuk ke Pangandaran. Hal itu membuktikan Pangandaran nyaman untuk investasi dan perkembangannya bagus,” ucapnya.

Baca Juga :  13 RSUD di Jawa Barat Terima Hibah Ventilator

Jembatan Karangtirta merupakan jalur penghubung antara wisata pantai Pangandaran, pantai Batu Hiu, pantai Batu Karas sampai ke pantai Madasari.

Selain membangun jembatan, dibuka juga jalan baru lintas pantai sebagai akses penyatu wisata pantai di Kabupaten Pangandaran.(rio)