Pembersihan Sampah di Sungai Citarum Berlanjut: Sekda Herman Suryatman Tinjau Kawasan Jembatan BBS Batujajar

**KABUPATEN BANDUNG BARAT** – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, melakukan peninjauan kondisi Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (18/6/2024).

Dalam kunjungannya, Herman berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memantau kebersihan sungai. Tujuannya adalah memastikan kebersihan sungai dalam radius 500 meter ke arah barat dan timur selama satu bulan ke depan.

“Insya Allah, kita akan berusaha sebaik mungkin. Strateginya sudah didiskusikan. Kami butuh tambahan waktu sekitar satu setengah bulan, hingga bulan Juli, untuk membersihkan sungai ini,” kata Herman.

Ia menambahkan, “Kami targetkan dalam satu setengah bulan ke depan, radius 500 meter ke barat dan timur dari jembatan akan bersih, dan kami akan melanjutkan pembersihan ke radius yang lebih jauh.”

Baca Juga :  Kadis DKP3 Pastikan Petani Bisa Berangkat Ke Penas, Sekalian ngantar PJ Walikota Mudik

Herman menjelaskan bahwa sampah di bawah Jembatan BBS bukan hanya sampah baru, tetapi juga sampah lama yang sudah terpendam di dasar sungai. Ini memerlukan waktu lebih lama untuk diangkat.

“Alasan kami butuh tambahan waktu satu bulan adalah karena sampah di sektor ini bukan hanya sampah baru. Banyak sampah lama yang terpendam di dalam sungai dan naik ke permukaan ketika ada angin,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama BBWS Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk menyaring sampah sebelum sampai ke hilir.

“Kami akan memasang jaring di hulu agar sampah baru bisa disaring dan tidak masuk ke hilir. Kolaborasi semua pihak sangat penting untuk mewujudkan Citarum yang bersih. Oleh karena itu, kami mengundang kabupaten dan kota di sekitar Cekungan Bandung untuk bekerja sama,” pungkas Herman.

Baca Juga :  Sosialisasi Jasa Raharja Depok Bersama Tim Pembina Samsat Depok

Dengan upaya ini, diharapkan kebersihan Sungai Citarum dapat terjaga dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.