Pemda Jabar dan ITB Kolaborasi Bangun Jatinangor sebagai Kota Pengetahuan Digital

JABARTRUST.COM, JATINANGOR, – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, mengumumkan kolaborasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan kawasan Jatinangor menjadi “City of Digital Knowledge” atau kota pengetahuan digital.

“Jatinangor, City of Digital Knowledge, menjadikan Jatinangor sebuah kota yang kaya akan pengetahuan, dan digital tools-nya untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan,” ujar Herman. Ia menambahkan bahwa dalam penelitian dan pengembangan, kampus-kampus yang ada di Jatinangor, termasuk ITB, akan berperan sebagai motor penggerak utama.

Pembangunan Jatinangor sebagai kota pengetahuan digital akan berfokus pada pengembangan industri pengetahuan, beralih dari sektor manufaktur atau industri tradisional. Proyek ini juga menekankan penciptaan komunitas yang mandiri dengan literasi digital yang kuat. “Meskipun dalam format yang sederhana. Untuk Jabar Caang, kita mulai dari Jatinangor,” kata Herman.

Baca Juga :  Pesan Bey Machmudin di Hari Santri Nasional

Herman juga menekankan pentingnya melibatkan unsur pentaheliks dalam pembangunan daerah. Pendekatan pentaheliks melibatkan lima elemen utama: pemerintah, akademisi, pelaku bisnis, masyarakat, dan media. “Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Herman, kolaborasi antara Pemda Provinsi Jabar dan ITB akan mencakup berbagai bidang, termasuk pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan kerjasama yang lebih optimal, diharapkan Jatinangor bisa menjadi pusat pengetahuan digital yang inovatif dan berdaya saing tinggi.

Langkah ini diharapkan tidak hanya memperkuat posisi Jatinangor sebagai pusat pendidikan dan pengetahuan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat melalui literasi digital dan pemanfaatan teknologi.