Penyiaran di Jawa Barat Harus Adil dan Proporsional!

JABARTRUST.COM, BANDUNG, – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, menekankan pentingnya penyiaran yang membawa manfaat bagi semua lapisan masyarakat dengan menyediakan informasi dan konten berkualitas. Hal ini disampaikan Herman dalam acara Broadcasting Expo, bagian dari rangkaian Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Sabtu (8/6/2024).

“Esensi penyiaran adalah memberikan literasi kepada masyarakat melalui informasi dan pesan yang disampaikan,” ujar Herman.

Herman juga menekankan bahwa penyiaran di Jawa Barat harus adil dan proporsional, dengan konten yang memenuhi kebutuhan informasi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

“Kita masih menghadapi masalah seperti stunting yang tinggi, pengangguran, dan fenomena bank emok. Kuncinya ada di literasi dan pemahaman masyarakat terhadap masalah-masalah tersebut,” jelasnya. “Ini tugas bersama, termasuk lembaga penyiaran untuk mengedukasi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui televisi dan radio, kita bisa bergerak bersama untuk meningkatkan literasi masyarakat.”

Baca Juga :  Jasa Raharja Pastikan Jaminan Korban Tertemper Ka Di Bandung

Herman berharap Harsiarda tahun ini menjadi momentum bagi lembaga penyiaran untuk menyampaikan konten dan informasi yang bermanfaat sekaligus memperkuat literasi masyarakat.

“Kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama kami di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Amin Shabana, mendukung pernyataan Herman. Ia menyatakan bahwa pencapaian target pembangunan memerlukan dukungan semua pihak, termasuk lembaga penyiaran. Jawa Barat, sebagai miniatur industri penyiaran nasional, memiliki posisi strategis untuk menyosialisasikan dan mengampanyekan berbagai program kepada masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi langkah KPID Jabar yang selalu terdepan dalam menginisiasi kepentingan publik dalam industri penyiaran,” kata Amin.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet, menyampaikan bahwa tema Harsiarda Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat adalah “Penyiaran Berkeadilan.” Dengan tema ini, KPID Jabar berupaya mengidentifikasi kebutuhan masyarakat Jawa Barat dalam konteks penyiaran.

Baca Juga :  Festival Merah Putih, Ridwan Kamil Gabung Mengarak Bendera

Adiyana juga menyebutkan bahwa pada peringatan Harsiarda tahun lalu, telah diluncurkan program Pasagi atau Pengawasan Media Digital untuk melindungi masyarakat Jawa Barat dari malinformasi di dunia digital.

“KPID Jabar terus berupaya memastikan negara tidak kalah dalam melindungi masyarakat dengan menjaga kedaulatan digital dari platform-platform global,” katanya.