Penyuluh KB Diharapkan Tingkatkan Kinerja Berbasis Data

Jabartrust.com, Sumedang – Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kukuh Dwi Setiawan, mengingatkan pentingnya pengelolaan data bagi para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam meningkatkan kinerja mereka di lapangan.

“Dalam era ini, segalanya bergantung pada data. Oleh karena itu, saya mengajak para PKB untuk tidak hanya bekerja, tetapi juga menyampaikan laporan kinerja secara teratur,” ungkap Kukuh saat memberikan pembinaan kepada Penyuluh KB se-Kabupaten Sumedang dalam acara Pembinaan Petugas Lini Lapangan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Ke-31.

Kukuh menegaskan bahwa kinerja seorang Penyuluh KB bisa diukur dari data hasil kerjanya, yang merupakan tolok ukur untuk menentukan capaian dan output yang dicapai. “Kami menghargai upaya DPC IPeKB Sumedang yang telah konsisten mengadakan pertemuan rutin seperti ini, serta melaksanakan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) sejak tahun 2023 dengan fokus pada kecamatan-kecamatan yang memiliki prevalensi stunting yang tinggi,” tambahnya.

Baca Juga :  Sekda Setiawan Dorong Transformasi Digital Pelayanan Publik di Jabar

Pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh Penyuluh KB untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam menggunakan data sebagai alat untuk mengukur efektivitas program KB di lapangan.(Nonu)