Pj. Gubernur Jabar Lantik 5.864 ASN Jabatan Fungsional di Gedung Sate

JABARTRUST.COM.KOTA BANDUNG — Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, melantik 5.864 Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan fungsional secara hybrid di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, pada Jumat (14/6/2024).

### Rincian Pelantikan
Dari total 5.864 ASN yang dilantik, terdapat 24 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 5.840 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023. Mereka tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

### Pesan Gubernur
Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Bey Machmudin menekankan pentingnya pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai tugas utama ASN. Ia mengingatkan bahwa tugas ASN tidak hanya terbatas pada urusan kantor, tetapi juga harus peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  20 Perusahaan Sudah Bangun Tenan di Rebana, JICA Rancang Aerocity

“ASN dari BKD, Bapenda, Dishub, atau dinas lainnya tidak hanya bertugas di urusan kantor. Jika melihat ada keluhan dari masyarakat, laporkan kepada pimpinan. Jika ada sampah berserakan, bersihkan. Jika ada masyarakat kurang mampu atau belum mendapatkan BPJS, bantu mereka,” ujar Bey.

### Arahan Presiden RI
Bey juga menyampaikan arahan Presiden RI bahwa birokrasi harus melayani, bukan mempersulit atau memperlambat urusan masyarakat.

“Birokrasi harus melayani, bukan mempersulit dan memperlambat urusan masyarakat. Kepuasan masyarakat, manfaat yang diterima, dan kemudahan masyarakat harus menjadi tolok ukur,” tambahnya.

### Pentingnya Jabatan Fungsional
Jabatan fungsional, lanjut Bey, didasarkan pada kompetensi, keahlian, dan pengalaman. Hal ini menuntut ASN untuk terus meningkatkan profesionalisme dan responsivitas terhadap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Pembangunan BRT Bandung Raya Dimulai 2024

Dengan pelantikan ini, diharapkan para ASN dapat menjalankan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Jawa Barat.