Puncak HUT Dewan Kerajinan Nasional di Solo Diramaikan Produk Kerajinan Tangan Asal Jabar

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Amanda Soemedi Bey Machmudin menghadiri acara puncak syukuran peringatan HUT ke-44 Dekranas dilanjutkan dengan Peresmian Pembukaan Expo via Live Streaming di Hotel Alila Solo, Kota Surakarta, Jawa tengah, Rabu (15/5/2024) (Rizal Fs/Adpim Jabar)
Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Amanda Soemedi Bey Machmudin menghadiri acara puncak syukuran peringatan HUT ke-44 Dekranas dilanjutkan dengan Peresmian Pembukaan Expo via Live Streaming di Hotel Alila Solo, Kota Surakarta, Jawa tengah, Rabu (15/5/2024) (Rizal Fs/Adpim Jabar)

JABARTRUST.COM, KOTA SURAKARTA — Produk kerajinan tangan, fesyen, dan kuliner Jabar turut meramaikan Expo Dekranas 2024 di Puro Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024).

Expo Dekranas 2024 merupakan menjadi puncak rangkaian acara memperingati HUT ke – 44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Pembukaan Expo Dekranas 2024 sendiri dilakukan di Hotel Alila, Solo, oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin membawa produk – produk lokal Jabar tersebut ke arena expo dan mendapatkan respons positif dari pengunjung.

Amanda senang dan bangga bisa berkumpul bersama para pelaku industri kreatif dan UMKM se-Indonesia, apalagi produk Jabar bisa dipamerkan dalam expo.

Baca Juga :  Keturunan Pendiri Bandung Kecewa Atas Ulah Walkot Yana Mulyana

“Tentunya bangga dan bahagia bisa menyaksikan secara langsung pelaku industri kreatif dan UMKM Jabar juga hadir di acara ini,” ujar Amanda Soemedi.

Menurutnya, rangkaian HUT Dekranas adalah momentum kebangkitan industri kreatif dan UMKM, khususnya dari Jawa Barat untuk lebih dikenal tidak hanya di Indonesia, namun hingga ke kancah internasional.

“Ini menjadi momentum bagi kita untuk bangkit bersama, terus berkolaborasi membangun industri kreatif dan UMKM Jawa Barat semakin maju dan bersaing secara nasional dan global,” katanya.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelaku industri kreatif dan UMKM Jawa Barat yang terus maju dan berinovasi menghasilkan produk-produk unggulan,” tambahnya.

Tema rangkaian HUT Dekranas tahun ini adalah “Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa.” Hal ini mencerminkan semangat untuk mewujudkan semangat visi dan misi Dekranas, khususnya kepengurusan masa bakti 2019-2024 dalam melestarikan produk budaya bangsa.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Tinjau Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar yang Sudah Capai 56 Persen

Dekranas sendiri dibentuk 3 Maret 1980 dan masih eksis hingga kini sampai ke tingkat kabupaten dan kota. Memeringati HUT Dekranas digelar rangkaian acara, yang puncaknya digelar 15 Mei.

Expo Dekranas 2024 sendiri digelar empat hari diisi 257 stand produk kerajinan unggulan dari seluruh Indonesia. Selain itu ada acara hiburan musik dan bazaar UMKM lainnya.