Ribuan KK di 5 Desa di Kuningan, Peroleh Bantuan Pipanisasi Air Bersih dari Kemenhan

Jabartrust, Kuningan – Kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat, namun untuk beberapa wilayah di Indonesia masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air apalagi di musim kemarau.

Mengingat hal tersebut, Kementerian Pertahanan terus bergerak membantu masyarakat untuk mendapatkan sumber air bersih baru melalui Program Pipanisasi Kementerian Pertahanan RI.

Untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Program Pipanisasi ini terbentang Sepanjang sekitar 25.150 meter, yang mampu mengalirkan air bersih untuk 1.764 Kepala Keluarga dari 4 Kecamatan yaitu : Kecamatan Ciniru, Hantara, Ciwaru dan Garawangi.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, hadir untuk melakukan peresmian dan penyerahan proyek bantuan air bersih program pipanisasi ini yang bertempat di Desa Pamupukan Kecamatan Ciniru (20/12/2023).

Baca Juga :  FORNAS VII/2023 Jabar Sekda Setiawan Lepas Kontingen Jabar

Dalam kunjungannya Menhan RI Letjen TNI Purn Prabowo Subianto didampingi Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza, S.IP., MA., M.Sc., CIQnR., CIQaR., Ph.D, Karoren Kerma Humas Marsma TNI Sony, Plt dekan fakultas Log Militer, Laksma TNI Agus Adrianto.

Pj Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto dan ucapan terima kasih atas bantuan program pipanisasi yang diterima untuk masyarakat di Kabupaten Kuningan.

“semoga dapat dimanfaatkan sebesar- besarnya oleh masyarakat penerima manfaat, dan jangan lupa bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan, saya minta untuk dijaga dan dirawat bantuan pipanisasi ini” Pesan Iip.

Selanjutnya, dalam kegiatan ini digelar juga diskusi dan tanya jawab via Zoom Meeting bersama Menhan dengan masyarakat di 5 titik bantuan yaitu desa Pamupukan Kec Ciniru, desa Cipedes Kec Ciniru, desa Sumberjaya Kec Ciwaru, desa Pakapasan Girang Kec Hantara dan desa Cirukem Kec Garawangi.

Baca Juga :  Jasa Raharja Sumedang lakukan Sinergi dengan Mitra Terkait Tingkatkan Pendapatan

Kepala Desa Sumber Jaya Kecamatan Ciwaru, Edi Hartono saat diskusi mewakili masyarakat Ciwaru menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diterima khususnya untuk masyarakat desanya.

“Saya mewakili masyarakat sangat bersyukur atas bantuan ini, selama ini masyarakat di desa kami selalu mengalami kesulitan air bersih khususnya saat musim kemarau, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan ini” Ucapnya.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya air dalam kehidupan.

“jaga bantuan ini rawat selalu sarana prasaranya ” Pesannya

Diakhir sambutan, Prabowo membacakan sebuah pantun yang menyatakan walaupun sudah lama tidak bertemu, namun ikatan jiwanya dengan warga Kuningan akan selalu ada.

Baca Juga :  Penampilan Fashion Show Motif Batik Daur Ulang Tutup KKJ dan PKJB 2022

Kegiatan penyerahan peresmian pipanisasi air bersih bantuan Kemhan RI dihadiri oleh Pangdam III /Slw Mayor Jenderal TNI Erwin Djatniko, Danrem 063 /SGJ Kolonel Inf Andi Asmara Dewa, Kazidam III/Slw Kolonel Czi Rielman N Yudha Trianandha, Katopdam III/Slw Kolonel Ctp Arief Muh Shoffak, Dandim 0615/Kuningan (Letkol Inf Bambang Kurniawan SE MA, Pj. Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iif Hidajat, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar. (Gwen Shareen Yavisa)