Sekda Herman Ajak Kabupaten dan Kota di Cekungan Bandung Bersatu Lestarikan Sungai Citarum

JABARTRUST.COM.KABUPATEN BANDUNG, – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, mengajak pemda kabupaten dan kota yang berada di wilayah Cekungan Bandung untuk bersatu dalam melestarikan Sungai Citarum, dengan fokus utama pada penguatan pengelolaan sampah.

Herman menyampaikan ajakannya saat memberikan arahan kepada seluruh sekretaris daerah yang hadir dalam acara pembinaan terkait program Citarum Harum di Pendopo Kabupaten Bandung, pada Kamis (20/6/2024). “Kami telah bersilaturahmi selama hampir tiga jam di Kabupaten Bandung. Pak Gubernur turut hadir memberikan motivasi dan inspirasi, terutama terkait dengan pengelolaan sampah,” ucap Herman.

Menurut Herman, penguatan pengelolaan sampah di wilayah Cekungan Bandung menjadi komitmen bersama semua stakeholders untuk menjaga Sungai Citarum tetap lestari. “Ini adalah salah satu upaya konkret kami untuk kolaborasi gotong royong dengan kabupaten dan kota, dan hari ini kami turun ke lapangan di Kabupaten Bandung,” tambahnya.

Baca Juga :  DPP PAN mempersilahkan tiap DPD saat Rakerda merekomendasikan Kandidat Capres dan Cawapres

Tak hanya soal pengelolaan sampah, Herman juga mengajak wilayah yang berada di Cekungan Bandung untuk terus berakselerasi dalam mengurangi kemiskinan, mengatasi pengangguran, dan mempercepat penurunan prevalensi stunting. “Akselerasi optimalisasi capaian indikator makro pembangunan seperti kemiskinan, pengangguran, dan stunting sangat penting. Kami akan mendorong agar Kabupaten Bandung menjadi terdepan dalam pengelolaan sampah dan pencapaian indikator lainnya, sehingga pada akhirnya seluruh kabupaten kota di Jabar dapat menjadi yang terdepan,” jelasnya.

“Dengan semua elemen terdepan, Jawa Barat akan menjadi provinsi yang terdepan secara keseluruhan,” pungkasnya.

Dengan semangat gotong royong dan komitmen bersama, diharapkan upaya pelestarian Sungai Citarum dapat mencapai hasil yang signifikan, menjadikan Jawa Barat sebagai contoh dalam pengelolaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  Kota Bandung Bergerak Cepat: Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting 2024