Sekda Jabar Buka Indonesia Aerospace Industry Forum 2024 di Bandung

JABARTRUST.COM, BANDUNG, -Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, secara resmi membuka 2024 Indonesia Aerospace Industry Forum atau Forum Industri Penerbangan Indonesia 2024 yang berlangsung di Jasmine Ballroom, Pullman Grand Central Bandung. Acara ini menandai langkah penting dalam pengembangan industri penerbangan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung.

Dalam sambutannya, Herman menyatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat sangat menyambut baik penyelenggaraan forum ini di Kota Bandung, yang memiliki sejarah panjang dalam industri penerbangan Indonesia. “Forum ini, syukur, alhamdulillah, diselenggarakan di Kota Bandung. Ini sebuah kehormatan dan tentu bukan tiba-tiba karena Bandung punya sejarah yang panjang terkait penerbangan di republik ini,” ujar Herman.

Baca Juga :  Tinjau Pembagian Bantuan Pangan, Wabup Tasik : Ini Bukti Nyata Kehadiran Negara Bagi Masyarakat

Kota Bandung mencatat sejarah penting pada tahun 1935 sebagai tempat pembuatan pesawat terbang Walraven W-2 beregistrasi PK-KKH, yang berhasil melintasi langit Eropa dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia yang mendarat di Bandara Schiphol, Belanda. Herman menegaskan bahwa Bandung telah lama menjadi pusat industri penerbangan dan merupakan rumah bagi PT. Dirgantara Indonesia, perusahaan penerbangan yang menjadi kebanggaan nasional.

Herman berharap forum yang diselenggarakan oleh produsen pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, ini dapat menghasilkan ide-ide brilian untuk masa depan industri penerbangan, baik di Indonesia maupun di dunia. Ia menekankan bahwa acara ini sangat strategis mengingat Pemda Provinsi Jabar terus mendukung industri penerbangan, termasuk dengan keberadaan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, yang diharapkan menjadi pintu gerbang masa depan bagi Jawa Barat.

Baca Juga :  Disdikpora Kab. Pangandaran Gelar "Ngopi" Dengan Kepsek Se-Pangandaran

“Bandung adalah kotanya penerbangan, PT. Dirgantara Indonesia merupakan transformasi sebuah perusahaan penerbangan yang menjadi kebanggaan kita,” tambah Herman. Ia juga menyoroti pentingnya sinergi antara berbagai pemangku kepentingan dalam mendukung industri penerbangan.

Country Managing Director Boeing Indonesia, Zaid Alami, menyatakan kegembiraannya atas kemitraan yang terus berkembang dan dukungan Boeing dalam menciptakan ekosistem industri penerbangan di Indonesia. “Boeing siap membantu dan mendukung pertumbuhan industri dirgantara di Indonesia,” kata Zaid. Ia menyebut bahwa kemitraan yang telah terjalin selama ini, terutama di sektor suplai suku cadang pesawat, akan terus ditingkatkan.

Dengan forum ini, diharapkan muncul berbagai ide dan inovasi yang dapat memajukan industri penerbangan di Indonesia, serta memperkuat posisi Kota Bandung sebagai pusat penting dalam sektor ini.

Baca Juga :  Ridwan Kamil: Puluhan Ribu Lapangan Kerja Menanti Presiden Jokowi Resmikan KEK Lido City