Sekda Jabar Ingatkan ASN Komitmen Target Percepatan Pembangunan

JABARTRUST.COM.KOTA BANDUNG– Sekda Jabar Herman Suryatman mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk tetap komitmen terhadap target percepatan pembangunan demi kesejahteraan warga.

Merujuk pada pakta integritas yang telah ditandatangani oleh ASN di berbagai perangkat daerah bersama Penjabat Gubernur Bey Machmudin, Sekda Jabar, di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Kabupaten Bandung, Rabu (5/6/2024) lalu, Herman menekankan pentingnya komitmen terhadap target yang telah ditetapkan.

“Tentu target progresif yang sudah disepakati semata-mata untuk meningkatkan kinerja provinsi Jabar,” ujar Herman Suryatman saat memimpin apel pagi di Gedung Sate Bandung, Senin (1/7/2024).

Herman menjelaskan bahwa komitmen terhadap target progresif tersebut harus mengikuti Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Jabar tahun 2005-2025.

Baca Juga :  Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat Hadiri Launching Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Cirebon

“Visinya adalah mewujudkan Jabar menjadi provinsi termaju di tahun 2025. Waktu tinggal 1,5 tahun lagi, sangat singkat, pendek, dan kita harus melakukan lompatan,” ucap Herman.

Untuk mencapai visi pembangunan ini, Herman menekankan perlunya beberapa langkah strategis:

1. **Pendekatan Saintifik**: “Dengan pendekatan saintifik, kita harus logis. Untuk melakukan lompatan, bukan hanya lompatan biasa, tapi kita harus melakukan kajian yang cermat,” katanya. Menurutnya, kebijakan pembangunan harus berbasis data yang valid dan akurat.

2. **Kolaborasi dengan Berbagai Pihak**: Perangkat daerah perlu bekerja sama dengan kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan dan desa/kelurahan. “Kita harus orkestrasi semuanya termasuk dengan sektor swasta, perguruan tinggi, dan warga masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga :  FORNAS VII/2023 JABAR, Kontingen Jabar Memimpin Perolehan Medali

3. **Langkah Repetitif**: Program atau kebijakan harus didorong agar lebih progresif melalui langkah repetitif. “Salah satunya dengan mengulang-ulang, karena kalau tidak mengulang-ulang, teman-teman di kabupaten/kota banyak urusan, di kecamatan banyak urusan, di desa bahkan dalam kehidupan rumah tangga juga banyak urusan. Rumusnya adalah mengulang-ulang,” pungkas Herman.

Herman berharap dengan langkah-langkah ini, visi untuk menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi termaju di tahun 2025 dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.