Serdang Bedagai Kaji Banding Bangga Kencana & Penurunan Angka Stunting Ke Jawa Barat

Jabartrust.com, Bandung – Sobat BKKBN, di akhir bulan Januari 2024, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat menerima kunjungan kaji banding yang penuh semangat dari Dinas PPKBP3A Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Serdang Bedagai menyatakan tujuan kunjungan mereka adalah untuk mengeksplorasi pelaksanaan sukses Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Barat. Secara khusus, mereka berminat membandingkan dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung Barat yang telah menunjukkan indikator kinerja yang lebih baik, terutama dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Fazar Supriadi Sentosa, SH, Kaper BKKBN Jabar, menyambut hangat rombongan tersebut, mengucapkan selamat datang di Jawa Barat. Dalam sambutannya, Pak Fazar menyoroti prestasi Jawa Barat sebagai provinsi dengan populasi terbesar di Indonesia, berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 24,5% menjadi 20,2% pada tahun 2022.

Baca Juga :  Ribuan Pencari kerja, Mendaftar Menjadi Migran Ke Korea Selatan

Pak Fazar juga menekankan peningkatan pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana di Jawa Barat. Total Fertility Rate (TFR) di Jabar sudah stabil di angka 2,1, menandakan keberhasilan dalam mengendalikan laju kelahiran, dengan harapan dapat memberikan inspirasi positif bagi Kabupaten Serdang Bedagai.

Kunjungan kaji banding ini melibatkan sejumlah lokasi penting, termasuk kunjungan ke Satyagatra/PPKS Jabar, Gudang Alokon BKKBN Jabar, dan Rumah Data Kependudukan Dinas P2KBP3A Kabupaten Bandung Barat, semakin memperkaya pertukaran pengetahuan antara daerah. (Nonu)