Sorotan Musrenbang RPJPD dan RKPD Provinsi Jawa Barat Tahun 2025-2045

JABARTRUST.COM, BANDUNG, – Di Bandung pada tanggal 22 April 2024, Rektor IPDN Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M mewakili Menteri Dalam Negeri dalam Musrenbang RPJPD dan RKPD untuk Provinsi Jawa Barat. Dia menyoroti beberapa masalah pembangunan di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023, termasuk tingkat pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang lambat, serta tingkat kemiskinan yang masih menjadi perhatian.

Prof. Hadi menekankan perlunya penyempurnaan rancangan RPJPD Provinsi Jawa Barat berdasarkan masukan dari berbagai pihak, serta pentingnya Musrenbang sebagai forum untuk mendapatkan aspirasi dan masukan yang solutif dari stakeholder terkait.

Selain itu, Prof. Hadi juga membahas kebijakan perencanaan pembangunan tahun 2025, dengan fokus utama pada pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, penanganan stunting, dan pengurangan kemiskinan ekstrem.

Baca Juga :  Mantan Walikota Sukabumi Achmad Fahmi Kecelakaan di Kebumen

Pada acara tersebut, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas juga memberikan arahan terkait reformasi birokrasi, menekankan pentingnya birokrasi yang efektif dan responsif dalam mencapai tujuan pembangunan. Reformasi birokrasi harus melibatkan berbagai aspek pengembangan, termasuk perbaikan tumpang tindih kebijakan, penyederhanaan proses bisnis, dan peningkatan kapasitas SDM.

Setelah acara Musrenbang, Rektor IPDN menghadiri kegiatan halal bihalal dengan civitas akademika dan wartawan pokja IPDN, di mana harapannya adalah agar setelah merayakan Idul Fitri, semua orang dapat kembali bekerja dengan semangat yang baru.