Tim Percepatan Penurunan Stunting Tinjau Progres di Kota Banjar

Jabartrust, Bandung – Pada tanggal 14 Desember 2023, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Percepatan Penurunan Stunting, gabungan dari BKKBN Jawa Barat dan SATGAS PPS Jawa Barat, melakukan kunjungan ke Kota Banjar. Tim yang dipimpin oleh Penata KKB Ahli Madya, Herman Melani, diterima oleh Sekda Kota Banjar dan Wakil Ketua TPPS Kota Banjar, H. Soni Harison AP.

Soni Harison menyampaikan harapannya agar Kota Banjar tetap fokus dan meningkatkan upaya penurunan stunting, mengingat prevalensi saat ini berada di 19,23%, sedikit di bawah target 23% untuk tahun 2023. Soni menegaskan bahwa penurunan stunting menjadi prioritas daerah, tidak hanya untuk kesejahteraan masyarakat, tetapi juga sebagai indikator dukungan penganggaran daerah dari pemerintah pusat.

Baca Juga :  Wagub Jabar: Kader Posyandu Harus Paham Dunia Digital

Dalam diskusi antara tim Monev dan PPS, disepakati bahwa penyelenggaraan percepatan penurunan stunting di Kota Banjar telah sesuai dengan Perpres No. 72 Tahun 2021. Tim TPPS sudah terbentuk mulai dari level kota, kecamatan, hingga desa/kelurahan, termasuk Tim Pendamping Keluarga (TPK). Aspek perencanaan dan penganggaran juga telah berjalan baik, dengan Bappeda bersama-sama menyusun rencana aksi daerah untuk tahun 2024, termasuk penganggaran dana desa pada tahun 2023 untuk penanganan stunting. (Nonu)