Upaya Bersama Percepatan Penurunan Stunting: Fokus Pada Konsistensi dan Kolaborasi

Jabartrust.com, Bandung – Dalam konferensi terbaru, Pak Ema, seorang tokoh kesehatan terkemuka, menyoroti urgensi penanganan stunting dengan pendekatan holistik. Dalam pandangannya, program penurunan stunting harus diterapkan secara menyeluruh, melibatkan dimensi kesehatan, pendidikan, dan keberlangsungan hidup ideal.

Pak Ema menegaskan bahwa keberhasilan dalam menanggulangi stunting memerlukan konsistensi yang tinggi dalam pelaksanaan program. Konsistensi ini mencakup tidak hanya kontinuitas dalam pemberian asupan gizi, tetapi juga perencanaan dan implementasi program yang berkelanjutan dari tahun ke tahun.

Selain itu, Pak Ema juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menanggulangi stunting. Ia menyatakan bahwa upaya bersama dari pihak kesehatan, pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta sangat diperlukan. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat integrasi program, tetapi juga menciptakan sinergi yang dapat mempercepat pencapaian tujuan penurunan stunting.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Ajak 8 Juta Anggota Pramuka se-Jabar Posting Kegiatan di Medsos

Dalam konteks keberlangsungan hidup ideal, Pak Ema menekankan perlunya melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses ini. Program harus dirancang dengan mempertimbangkan kearifan lokal dan mendengarkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat setempat.

Sebagai penutup, Pak Ema menekankan bahwa penurunan stunting bukanlah tugas satu sektor atau individu. Dibutuhkan komitmen bersama untuk mencapai hasil yang signifikan, dan hal tersebut hanya dapat terwujud melalui konsistensi dan kolaborasi dari berbagai dimensi kehidupan.(Nonu)