Webinar “Kelas Orang Tua Hebat” Menggugah Kesadaran Pengasuhan Anak

Jabartrust.com, Bandung – Kolaborasi yang menginspirasi antara Perwakilan BKKBN Jawa Barat dan PT. MERCK telah mewujudkan pencerahan bagi para orang tua dan pengelola program Bina Keluarga Balita (BKB). Webinar Kelas Orang Tua Hebat (Kerabat) Vol. 2 Tahun 2024 menjadi momentum penting bagi lebih dari 1.500 peserta yang mengikuti secara daring, baik melalui platform Zoom maupun Youtube.

Dalam kegiatan yang dipandu secara cermat oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa, hadir sejumlah narasumber pakar untuk membagikan pengetahuan yang berharga. Dr. dr. Novina, Sp.A (K), M.Kes, mengupas tuntas pentingnya pemantauan pertumbuhan anak dalam mendeteksi kasus stunting. “Stunting adalah sinyal awal dari masalah kesehatan serius, seperti malnutrisi kronis atau gangguan hormonal,” jelasnya dengan tegas.

Baca Juga :  Pemda Provinsi Jabar Siapkan Masa Transisi Pengelolaan DAS Citarum

Dalam konteks ini, Psikolog Ayuna Haziza turut memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya pola asuh yang efektif dan positif dalam perkembangan anak. “Orang tua yang memberikan pola asuh yang baik, dengan memiliki konsep diri positif, akan membantu anak mengembangkan konsep diri yang sama,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Melalui kesempatan berharga ini, diharapkan pengetahuan dan wawasan yang diperoleh para peserta, baik pengelola program BKB maupun orang tua, dapat meningkat secara signifikan. Kegiatan ini menjadi tonggak penting dalam menggugah kesadaran akan peran vital orang tua dalam membentuk masa depan cerah dan berkualitas bagi generasi penerus bangsa. (Nonu)