Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Melaui TMMD ke-117

JABARTRUST.COM, KUNINGAN – Komitmen Tentara Nasional Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwujudkan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 yang secara resmi dimulai di Kodim 0615/Kuningan.

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Bambang Kurniawan menyebutkan, dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat dan pemerintah daerah, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerjasama yang kuat antara TNI dan rakyat dalam memperkuat ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-117 yang berlangsung di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan mulai 12 Juli 2023 hingga 10 Agustus 2023, imbuh Dandim, sejumlah target dan sasaran telah ditetapkan.

“Untuk pembangunan fisik, sasaran pokok yang akan dicapai adalah pembangunan rabat beton jalan sepanjang 1,65 kilometer dengan lebar 2,5 meter. Selain itu, direncanakan juga pembangunan 1 titik jembatan dan 7 titik gorong-gorong guna meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian warga,” paparnya usai memantau kesiapan pelaksanaan TMMD 117 di Desa Sukaraja, Rabu (12/07/2023).

Baca Juga :  Pengembangan Kawasan Rebana Disertai Penguatan Sumber Daya Manusia

Dikatakan Dandim, selain pembangunan fisik, TMMD ke-117 ini juga melibatkan 19 kegiatan non fisik yang menyasar peserta dari warga setempat. Kegiatan tersebut mencakup berbagai aspek, seperti penyuluhan Kamtibmas, pembinaan mental dan dakwah setiap Hari Jum’at, serta penyuluhan BOP untuk PAUD di 3 kelompok belajar dengan jumlah peserta mencapai 203 anak.

Selain itu, kegiatan non fisik juga meliputi penyuluhan kesehatan, sosialisasi pengelolaan sampah, penguatan wawasan kebangsaan, pelatihan budidaya ikan, dan pelayanan terpadu pengobatan hewan bagi para peternak.

“Untuk meningkatkan keterampilan warga, akan dilaksanakan pelatihan menjahit pola Mobil Training Unit selama 1 bulan,” sebutnya.

Selain itu digelar juga, sosialisasi pajak bumi dan bangunan, perolehan hak atas tanah dan bangunan, serta pelayanan langsung koreksi SPPT-PBB.

Baca Juga :  Uu Ruzhanul Beri Bantuan Korban Banjir di Garut, Imbau Warga Pindah ke Tempat Aman

Lebih lanjut, kegiatan sosialisasi pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, literasi dan perpustakaan, pengelolaan arsip, penyuluhan KB, hukum, siskamling, koperasi, pasar murah, IKM, kemasan dan legalitas produk UMKM, serta bahaya narkoba juga akan dilakukan sebagai bagian dari upaya membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat.

Dalam konteks TMMD ke-117 di Desa Sukaraja, terdapat pula pekerjaan tambahan yang dilaksanakan. Hal ini meliputi pemasangan penerangan jalan umum sebanyak 2 titik, rehabilitasi bangunan WC di SDN 2 Sukaraja, perbaikan meubelair di SDN 1 Sukaraja, pembangunan 2 titik Poskamling, perbaikan 2 unit rumah tidak layak huni, latasir jalan lingkungan sepanjang 150 meter, rehabilitasi bangunan Posyandu dan Jides, serta pembangunan tugu TMMD 117.

Baca Juga :  Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Tapal Desa

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf Bambang Kurniawan, mengungkapkan harapannya agar melalui pelaksanaan TMMD ke-117 ini, kerjasama yang baik antara TNI dan masyarakat semakin terjalin erat.

Ia berharap bahwa upaya yang dilakukan dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik dan non fisik ini akan memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat Desa Sukaraja dan sekitarnya.

“Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, diharapkan TMMD ke-117 di Kodim 0615/Kuningan akan menjadi langkah konkrit dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat,” tandas Letkol Inf Bambang. (Gwen Shareen Yavisa)