Door To Door Bagikan Makanan Bergizi Ala Pemdes Ciasem Baru Cegah Stunting

Jabartrust.com, Subang – masih terdapatnya kasus stunting di sejumlah wilayah, mendapat perhatian serius oleh sejumlah pihak. Untuk mengatasi gizi guna mencegah stunting Aparat Desa Ciasem, Kecamatan Ciasem, Subang, Jabar, bersama komunitas pemuda Partisipasi Bermakna melakukan masak bersama di dapur umum dan membagikan makanan bergizi kepada belasan anak potensi stunting dan ibu hamil yang ada di Desa Ciasem Baru tersebut.

Bertempat di Kantor Desa Ciasem Baru yang sekaligus dijadikan dapur umum, Aparat Desa Ciasem Baru dan dibantu ibu-ibu rumah tangga Desa setempat memasak makanan bergizi, berupa sayur kelor dan koktail telur yang diklaim bisa dijadikan menu makanan alternatif solusi menekan kejadian stunting serta berbagai menu lainnya.

Baca Juga :  Pemuda PUI KBB: Kami Harap Presiden Bisa Menekan Harga Sembako yang Meroket di Bandung Barat.

Usai masak bersama, Aparat Desa, ibu-ibu ruman tangga Desa setempat bersama komunitas yang bergerak di bidang sosial Partisipasi Bermakna bergerak door to door untuk membagi-bagikan makanan bergizi dan susu gratis kepada belasan anak potensi stunting dan ibu hamil yang ada di Desa Ciasem Baru.

Menurut Kepala Desa Ciasem Baru Indah Aprianti (28), selain membagikan makanan tambahan bergizi dan susu gratis secara door to door, beberapa hari ke depan juga disediakan ratusan paket makanan tambahan gizi dan susu gratis yang bisa diambil di kantor Desa Ciasem Baru.

“Strategi door to door dari rumah ke rumah untuk membagikan makanan tambahan gizi bagi anak potensi stunting dan ibu hamil ini karena dinilai lebih efektif dan tepat sasaran meskipun membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara masyarakat dikumpulkan dalam satu tempat,”ujar Indah, Senin (5/12/2023).

Baca Juga :  Jawa Barat Siap Memenuhi Permintaan Hewan Kurban Yang Sehat Menjelang Idul Adha

Ditambahkan Indah, terobosan yang dilakukannya ini bukan dari dana desa, bukan dari anggaran Pemerintah, tapi dari komunitas Partisipasi Bermakna, sekelompok pemuda yang peduli masyarakat bawah.

Koordinator Nasional Partisipasi Bermakna, Muhammad Adnan, mengaku pihaknya sangat mendukung terobosan Aparat Desa Ciasem Baru yang melakukan program mengatasi gizi guna mencegah stunting.

“Karena Pemerintah Desa Ciasem Baru ini memiliki program pencegahan stunting yang berbeda dari yang lainnya karena ada dapur umum serta membagikan makanan tambahan gizi dan susu grati, maka kami berinisiatif menggandeng Pemerintah Desa Ciasem Baru. Hal itu dilakukan agar program-program ini terus dilanjutkan serta berharap Desa-Desa lain juga tergerak mengikuti terobosan yang dilakukan Pemerintah Desa Ciasem Baru ini,”ucap Adnan.

Baca Juga :  Jangan Anggap Enteng Stunting

Sementara itu, seorang warga setempat Irma, mengatakan dirinya merasa senang dengan adanya pembagian makanan tambahan gizi itu, karena bisa membantu masyarakat untuk terus hidup sehat dan mempersiapkan anak-anak di Desa ini dengan pertumbuhan normal.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sendiri menargetkan pada 2024 mendatang, Kabupaten Subang zero stunting.*(Harry)