1.525 Calon Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Bupati Tasik Ade Sugianto Berpesan Perhatikan Pendampingan Lansia

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto membuka acara pembinaan manasik haji yang diikuti 1.525 calon jemah haji asal Kabupaten Tasikmalaya di Kompleks Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Senin 29 April 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengungkapkan rasa syukurnya karena dari 1,4 juta jiwa warga Kabupaten Tasikmalaya, sebanyak 1.525 orang akan berangkat pada musim haji tahun ini. Hal itu karena tidak mudah untuk bisa berangkat beribadah haji di indonesia, selain dari segi biaya juga karena ibadah haji ini merupakan panggilan dari Allah SWT.

“Saya ucapkan selamat dan berbahagia karena ada 1.525 orang berangkat haji tahun ini, dari 1 juta jiwa lebih warga Kabupaten Tasikmalaya,” ucap Bupati Ade Sugianto di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya,Senin 29 April 2024.

Baca Juga :  BKKBN Jabar Gelar Orientasi BKB Kit Stunting 2024

Ade Sugianto memaparkan, selain harus menunggu lama dan mengeluarkan biaya, perjalanan ibadah haji juga harus memiliki niat yang kuat agar bisa dilancarkan selama perjalanan, serta ibadah hajinya diterima oleh Allah SWT.

“Mudah-mudahan perjalanan tamu Allah kali ini dapat berjalan lancar dan baik. Kami juga doakan semoga diberikan usia panjang dan sehat selama menjalankan ibadah haji ini,” ujar Ade.

Ade juga berpesan kepada penyelenggara yang dalam hal ini Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya agar dalam seleksi petugas haji daerah betul-betul diperhatikan dalam hal pendampingan, terutama bagi para lansia.

“Pertama mereka yang punya kemauan dan kemampuan jadi bukan sekedar mau atau mampu tapi juga punya kemampuan agar keberadaan jemaah haji kita betul-betul dilayani dengan baik, terutama lansia yang haru ini kita angkat Haji Berkeadilan Ramah Lansia,” ujar Ade.

Baca Juga :  Tingkatkan Kewaspadaan, Pemkab Tasik Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Simulasi Penanganan Gempa Bumi.

Sementara itu Kepala Kantor Kementarian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, Dudu Rohman mengatakan, Keberangkatan 1.525 calon jemaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya akan dibagi menjadi 5 kloter dengan masing-masing 450 jemaah dan petugas kesehatan serta pendamping. “Kloter pertama akan di berangkatakan pada tanggal 12 Mei 2024 mendatang,” kata Dudu.

Untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan makanan pada jemaah haji seperti haji tahun 2023 lalu, maka di tahun 2024 Kemenag dan Pemerintah Daerah menyiapkan persiapan khusus, diantaranya dengan menyediakan makanan liwet siap saji.

“Persiapanya kita menyipakan liwet siap saji. Jadi untuk liwet ini jemaah tinggal menyeduhnya dengan air panas, menunggu beberapa menit nasi liwet itu sudah bisa dimakan,” papar Dudu.

Baca Juga :  Sehari Jelang Puasa OPM Bhayangkari Polres Tasikmalaya di Serbu Warga

Selama ibadah haji, lanjut Dudu, jemaah juga akan diberikan fasilitas alat tempat penyimpanan air panas untuk kebutuhan jemaah, seperti menyeduh nasi liwet instan.
“Untuk liwet siap saji dalam satu dus bisa digunakan untuk tiga kali makan. Maka tidak direpotkan dengan hal lainnya seperti masak terutama menunggu makan. Makanan itu kita bawa langsung dari sini,” pungkas Dudu. *(yudie)