3 Hektare Lahan Singkong Dicuri, Pensiunan Guru Di Cibogo Subang Rugi Puluhan Juta

JABARTRUST.COM, Subang – Sekitar 60 ton singkong siap panen di kebun milik pensiunan guru Sobur Sahmudin(63), warga Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang, Subang, dicuri orang tak dikenal.

Menurut Sobur Sahmudin, kebun yang dia rawat dari menyisihkan hasil tabungan dana pensiun sejak awal tahun 2023 lalu itu, dicuri orang tak dikenal hingga 3 hektare.

“Ya lahan seluas 3 hektare yang dicuri sekitar 60 ton singkong siap panen,” kata Sobur.

Ditambahkan Sobur, kebun singkong itu disewanya secara resmi dari lahan carik desa seluas milik Desa Cibogo. Sudah dua tahun disewa Sobur, dan baru tahun kedua ini, dia hanya memanen rugi. Besarnya lebih dari Rp 50 juta.

Baca Juga :  Pemusnahan Barang Ilegal oleh Bea Cukai Bandung: Negara Merugi Rp1,4 Miliar

“Saya biasa cek ke kebon usai Sholat Jumat. Tapi pada hari itu tanaman singkong sudah hilang tak ada sisa,”tambah Sobur.

Dengan terharu, Sobur menyatakan, sedianya hasil panen kali ini akan dipakai untuk biaya pernikahan anak perempuannya. Saat ini, Sobur merasa bingung. Sebab acaranya tinggal menghitung hari.

“Saya sudah lapor polisi dan saya berharap pihak kepolisian memberi atensi kepada kami yang ingin sejahtera dari hasil tani,”katanya.

Berdasarkan laporan warga setempat, mereka membiarkan karena yang mencuri mengaku sebagai pemborong. Padahal, menurut Sobur, tidak pernah memakai jasa pemborong. Dia selalu memberdayakan warga setempat ketika panen tiba.

“Ada 10 buruh tani yang biasanya saya ajak selama 30 hari untuk panen,” ungkap Sobur. Mereka mendapat upah Rp 75-100 ribu per hari.

Baca Juga :  Kegiatan Diseminasi Policy Brief Percepatan Penurunan Stunting di Kota Bandung

Sementara itu, Kapolsek Cibogo Iptu Ikin Sodikin, menyatakan kasus tersebut masih dalam penyidikan pihaknya.*(Harry)