Angka Kemiskinan dan Pengangguran Menurun, Sekda Kab.Tasik Moh Zen Minta RPJPD Jadi Proses Evaluasi dan Penyempurnaan Berkala

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Mewakili Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, memimpin pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2025-2045, di Aula Wiradadaha Bappelitbangda, Kamis (25/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Mohamad Zen menyampaikan sambutan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto terkait hasil evaluasi capaian pembangunan selama RPJPD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2005-2025, dimana secara umum indikator makro pembangunan menunjukkan tren yang membaik, salah satunya yakni angka kemiskinan yang mengalami penurunan sebesar 7,95 persen.

“Selama kurun waktu 18 tahun dari 2005 hingga 2022 angka kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya mengalami penurunan dari 18,23 persen turun menjadi 10,28 persen, dengan penurunan sebesar 7,95 persen.” ucap Sekda Mohamad Zen.

Baca Juga :  Tragedi Kehamilan Terbukti: Kematian Wiwin Wintarsih di Tangan Kekasih yang Kejam

Selain kemiskinan, lanjut Sekda Zen, tingkat pengangguran di Kabupaten Tasikmalaya juga alami penurunan signifikan dari dari 8,48 persen menjadi 3,59 persen, berada jauh di bawah angka pengangguran Provinsi Jawa Barat.

“Kedua, tingkat pengangguran dalam kurun waktu 16 tahun dari 2007 sampai 2023 mengalami penuruan yang signifikan dari 8,48 persen menjadi 3,59 persen atau berkurang sebesar 4,59 persen. Pada tahun 2022 tingkat pengangguran Kabupaten Tasikmalaya juga berada jauh dibawah angka penganguran Provinsi Jawa Barat yang mencapai 7,44 persen,” papar Sekda Mohamad Zen.

Sekda Zen juga menyampaikan, point isu jangka panjang diantaranya Bonus Demografi, Revolusi Industri 5.0 dan Perubahan Iklim. Ia juga berharap Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2025-2045 bisa menjadi proses evaluasi dan penyempurnaan secara berkala.

Baca Juga :  Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ciamis Menggelar Konsolidasi Internal

“Saya berharap RPJPD yang kita susun memberikan ruang yang memadai untuk proses evaluasi dan penyempurnaan secara berkala sesuai dengan perkembangan yang ada,” terang Sekda Mohamad Zen.

Pada Musrenbang yang turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya, para kepala SKPD, pimpinan perguruan tinggi serta perwakilan organisasi masyarakat ini, Sekda Mohamad Zen juga mengajak semua pihak agar turut aktif memberikan saran dan masukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Kabupaten Tasikmalaya.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak semua hadirin, tamu undangan yang hadir untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan masukan terhadap rancangan RPJPD karena akan menentukan kondisi Kabupaten Tasikmalaya 20 tahun kedepan.” imbuhnya.*(yudie)

Baca Juga :  KPU Bogor Lakukan Simulasi Pungut Hitung Suara Pemilu 2024