BKKBN Jabar Lakukan Pelayan KB Safari

Jabartrust.com, Bandung – Deputi Bidang Advokasi dan Pengembangan Informasi BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso, bersama Kepala BKKBN Jawa Barat, Fazar Supriadi, mengunjungi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) MKJP IUD dan Implan yang diadakan DPPKB Kota Bandung dalam acara Pelayanan KB Safari. Acara ini berlangsung di Klinik Praktik Mandiri Bidan Hj. Aneu, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, pada tanggal 26 Februari 2024.

“Pemberian Pelayanan KB gratis kepada masyarakat bukan hanya sebagai langkah efektif dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, tetapi juga sebagai upaya menekan angka stunting pada bayi,” ungkap Deputi Bidang Advokasi dan Pengembangan Informasi.

BKKBN, yang bertindak sebagai koordinator Percepatan Penurunan Stunting sesuai Perpres No. 72 tahun 2021, berkomitmen untuk menjalankan amanah tersebut dengan intervensi sensitif, termasuk pelayanan kontrasepsi. Tujuannya adalah agar masyarakat mampu mengatur jarak kehamilan, sehingga dapat berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting.

Baca Juga :  Arief Rachman S.H. Caleg DPR RI gelar Pengobatan Gratis di Desa Gasol Cianjur

Dalam Pelayanan KB Safari kali ini, dari target 64 akseptor IUD dan Implan, berhasil dilayani sebanyak 59 akseptor. Rincian meliputi 47 akseptor IUD (Peserta Aktif 18, Peserta Baru 13, Ganti Cara 16) dan 12 akseptor Implan (Peserta Baru 1, Ganti Cara 1, Peserta Aktif 10). Masyarakat penerima pelayanan berasal dari 6 kelurahan di Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Ketua Tim Kerja Kesehatan Reproduksi BKKBN Jabar, Lurah Arjuna, serta perwakilan DPPKB Kota Bandung, PKB Kecamatan Cicendo, dan seluruh PBKK (Penyuluh Bangga Kencana Kelurahan) turut hadir mendukung kegiatan ini.(Nonu)