Buka Festival Anak Sholeh, Bupati Ade Sugianto Ingatkan Bekal Ilmu Agama Penting untuk Bentengi Anak

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke XII Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat secara resmi di buka oleh Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto di Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (20/4/2024).

Acara yang digelar setiap tiga tahun sekali ini diawali dengan kemeriahan penampilan devile dari 39 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ade Sugianto mengatakan, Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke XII diharapkan bisa mencetak generasi muda penerus bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman, serta bisa berkontribusi pada pembangunan.

“Sebagai orangtua kita harus mampu membentengi anak-anak agar tidak terjerumus hal-hal negatif. Kita punya tanggung jawab yang besar untuk membimbing dan mendampingi anak-anak kita,” ucap Ade.

Baca Juga :  Bey Machmudin Titip Tiga Pesan Liburan Tahun Baru bagi Warga Jabar

Ade Sugianto memaparkan, bekal ilmu agama sangat penting dalam membentengi anak dari pengaruh lingkungan yang negatif. Anak-anak dan generasi muda, menurutnya adalah aset bangsa yang nantinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan.

“Terima kasih kepada ustaz dan ustazah yang telah memberikan pengajaran agama kepada generasi-generasi muda kita,” ujar Ade.

Sementara itu, Ketua Umum DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tasikmalaya, KH. Apipudin mengatakan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke XII diikuti ribuan peserta yang merupakan murid TK/TPA/TQA.

Adapun yang mengikuti kegiatan rutin lomba tingkat Kabupaten Tasikmalaya yang dilaksanakan 3 tahun sekali ini merupakan hasil seleksi di tingkat Kecamatan. Beberapa mata lomba yang diikuti oleh para peserta, diantaranya lomba mewarnai, kaligrafi, tahfiz juz 30, murotal, azan, iqomah, peragaan salat, pidato bahasa indonesia, TQA, Tilawah, cerdas cermat, nasyid.

Baca Juga :  Wujudkan Generasi Berkarakter, WOM Finance Gelar Pembinaan ke Pelajar

“Total keseluruhan ada 22 jenis mata lomba. Lomba ini berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional,” paparnya.

Apipudin menyebut, Kabupaten Tasikmalaya akan menjadi tuan rumah Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2024. Dalam FASI tingkat provinsi tersebut pihaknya menargetkan bisa menjadi juara umum.

“Tahun ini, target di tingkat Provinsi mudah-mudahan dapat menjadi juara umum. Sebab ini hasil seleksi tingkat kecamatan yang dikirim ke tingkat kabupaten Tasikmalaya. Dari kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan prestasi, mencetak generasi yang handal dalam bidang baca tulis Al-Qur’an,” harapnya.”(yudie)