Juara TPID Jawa Bali, Pemkab Tasikmalaya Akan Bentuk Satgas Khusus Kendalikan Harga Sembako

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya akan membentuk Satuan Tugas (satgas) khusus yang terdiri dari Instansi terkait yang akan bersinergi dan berkolaborasi dalam memantau perkembangan harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, pihaknya telah memerintahkan Sekretaris Daerah untuk membentuk tim satuan tugas khusus yang akan mengontrol harga kebutuhan pokok di pasaran. Selain memantau harga kebutuhan, satgas khusus ini nantinya juga akan bertugas mencari solusi dari permaslahan yang timbul dari dampak kenaikan harga tersebut.

“Ini bukan hanya masalah harga ya, harga kan banyak sekali akibatnya, sampai hari ini kita harus mengatahui kenapa dan bagaimana mengendalikan harganya. Jadi saya sudah perintahkan kepada Pak Sekda untuk membuat satgas khusus, dan ini urusannya bukan hanya untuk mengetahui kenapa harga naik, karena masalah produktifitas,distribusi, kelangkaan dan lain sebagainya, bukan hanya sekedar itu, tapi lebih mencari solusi,” ungkap Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Baca Juga :  Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ciamis Menggelar Konsolidasi Internal

Ade menegaskan, bahwa Kabupaten Tasikmalaya adalah pengendali harga terbaik di Jawa-Bali dan telah menjuarai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa-Bali, sehingga menurutnya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya untuk membuat gerakan bersama multi sektoral dalam rangka pengendalian harga.

“Dan ingat Kabupaten Tasikmalaya adalah juara TPID Jawa-Bali, kita ini pengendali harga yang terbaik di Jawa-Bali sehingga kami punya tantangan tersendiri hari ini. Saya sudah meminta kepada pak Sekretaris Daerah untuk dibentuk sebuah tim yang tidak hanya semata-mata pemerintah, tapi multi sektor agar ini semacam gerakan bersama,” papar Ade.

Untuk mempertahankan prestasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik se Jawa-Bali, Ade pun memastikan pihaknya akan bergerak lakukan penanganan kenaikan harga kebutuhan pokok dengan lakukan penyeimbangan harga.

Baca Juga :  Waspada, 27 Warga Subang Digigit Ular 1 Diantaranya Meninggal

“Insyaallah akan segera kami tangani dalam jangka waktu dekat kita akan melakukan penyeimbangan dulu, bisa dalam bentuk operasi,penetrasi dan sebagainya,” pungkas Ade.***(yudie)