Kawal Pasokan Listrik Idul Fitri 1445 H, PLN UP3 Cianjur Siagakan 28 Posko Kelistrikan dan 304 Personel

JABARTRUST.COM,KAB.CIANJUR-Menyambut momen Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur melaksanakan Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah yang digelar serentak bersama seluruh unit PLN dan Sub Holding dan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo melalui sambungan virtual dari PLTGU Gresik, Jawa Timur pada Sabtu 6 April 2024, Menurut Darmawan, petugas PLN adalah patriot bangsa karena bertugas menjaga pasokan listrik tetap aman selama Ramadan dan siaga Lebaran.

Selain itu, Darmawan menyampaikan bahwa memasuki siaga Lebaran, batubara energi primer dalam keadaan andal dan aman dengan Hari Operasi (HOP) rata-rata di atas 20 hari.

Sementara itu, Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN UP3 Cianjur, menyebutkan bahwa daya mampu pasok sebesar 360 MW dan daya puncak mencapai 152 MW sehingga masih ada cadangan 227 MW yang menandakan sistem kelistrikan Cianjur menyambut Lebaran nanti dalam kondisi aman. “Kami juga menyiagakan 28 posko kelistrikan yang tersebar di seluruh wilayah Cianjur dan 295 personel untuk mengawal pasokan listrik tetap andal selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Dengan demikian masyarakat dapat beribadah dan bersilaturahmi dengan sanak saudara dengan nyaman,” jelasnya.

Baca Juga :  DPRD JABAR APRESIASI "TOSS" YANG TERBUKTI "JOS" ATASI STUNTING DI KABUPATEN GARUT

Personel yang diterjunkan selama masa siaga lebaran dilengkapi dengan 28 kendaraan roda dua dan 31 kendaraan roda empat serta peralatan kerja yang telah memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Peralatan kerja yang digunakan tersebut sudah dilakukan pengecekan sebelumnya oleh Manajemen PLN UP3 Cianjur pada saat Apel Gelar Pasukan dan Peralatan yang digelar pada Selasa 9 April ya
2024. “Kami menekankan bahwa petugas wajib selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat bekerja. Perlengkapan dan peralatan keselamatan yang tidak sesuai tidak boleh digunakan dan wajib dilakukan penggantian,” tegasnya.

Selain itu, PLN UP3 Cianjur menyiagakan 1 unit UPS (Uninterruptible Power Supply) berkapasitas 80 kVA dan 9 unit genset dengan kapasitas bervariasi mulai dari 5,5 kVA sampai dengan 135 kVA sebagai langkah antisipasi. “Ada 1 Masjid Agung dan 86 Masjid Kaum tersebar di wilayah Cianjur yang kami jaga keandalannya pada saat pelaksanaan Sholat Idul Fitri nanti. Kami telah menginstruksikan personel untuk siaga dan bersinergi dengan stakeholder terkait untuk mengamankan pasokan listriknya,” ujarnya.

Baca Juga :  Tragedi Jalancagak: Pembunuhan Tuti dan Amel Terkuak, Motif Uang Meruncingkan Kejamnya Rekayasa Pembunuhan

Andre juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan PLN Mobile yang telah dilengkapi beraneka fitur seputar kelistrikan untuk mendukung aktivitas masyarakat tetap nyaman selama perayaan Idul Fitri tahun ini. “Mulai dari permohonan penerangan pesta, laporan gangguan, bayar tagihan listrik, mengisi ulang token listrik sampai dengan informasi keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) semua ada di PLN Mobile,” terang Andre.

Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jabar, menyampaikan agar masyarakat segera melakukan update aplikasi PLN Mobile, karena saat ini pengguna kendaraan listrik dapat menikmati fitur-fitur terbaru. Fitur Trip Planner, untuk bisa merencanakan perjalanan sekaligus mengetahui lokasi SPKLU di sepanjang jalan yang akan dilalui.

Baca Juga :  Deputi SDM Menpan: BKKBN Berperan Penting Turunkan Stunting

“Saat ini Scan Barcode Charging EV menjadi semakin praktis, hanya 2 step dari sebelumnya 3 step. Selain itu, ketika gambar “pop up siaga lebaran” di klik, pengguna bisa langsung melaporkan gangguan listrik, home charging atau SPKLU,” pungkasnya (GOY)