KPU Bogor Lakukan Simulasi Pungut Hitung Suara Pemilu 2024

Jabartrust, Bojonggede, – KPU Bogor melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk pemilu 2024 di TPS 27 Desa Susukan Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Sabtu 23 Desember 2023. Dalam simulasi itu, KPU juga menerapkan penggunaan aplikasi Sirekap untuk memastikan hasil pungut hitung suara terekam dengan tepat dan benar.

“Dari penggunaan Sirekap dalam simulasi pungut hitung suara di TPS 27 Desa Susukan Bojonggede ini KPU, PPK dan PPS dapat memahami cara kerja Sirekap yang akan digunakan dalam Pemilu 2024. Termasuk tatacara membagikan hasil penghitungan suara dari aplikasi sirekap kepada saksi, pengawas TPS dan yang harus diserahkan serta koneksinya dengan PPK dan KPU kabupaten/kota,” ujar Herry Setiawan, Ketua KPU Bogor kepada jurnalis dibsela acara.

Baca Juga :  BPBD Jabar Kirim Tim dan Bantuan Tangani Banjir Karawang dan Longsor Purwakarta

Herry menjelaskan, dari simulasi itu juga dapat diketahui cara pengisian model C hasil pemilu yang menerapkan teknologi 7 segmen berupa penulisan angka digital yang sudah tertuang dalam bentuk angka 8 digital berupa titik-titik untuk disambungkan sesuai angka hasil penghitungan di dalam sertifikat dan formulir model C hasil plano dan c salinan.

“Cara penulisan 7 segmen ini baru diterapkan di Pemilu 2024 dan hasilnya sangat membantu KPPS dalam mencatat hasil penghitungan secara lebih berhati-hati. Dari penulisan tersebut dan penggunaan Sirekap maka akan tertuang angka yang dituliskan disertai dokumentasi foto hasil C plano,” ujar Herry.

Dalam kesempatan itu, Herry menambahkan bahwa penentuan lokasi simulasi di Bojonggede dengan pertimbangan karena Bojonggede adalah daerah perbatasan dan daerah Urban tempat para pelaju bermukim.

Baca Juga :  Partai Golkar memastikan 10 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Bogor di Pemilu 2024.

“Para pelaju ini penting diberi sosialisasi untuk memastikan bahwa mereka sudah terdaftar sebagai pemilih, apakah itu DPT, DPTB atau DPK. Selain itu, Bojonggede dan Tajurhalang adalah kecamatan yang berada di bawah naungan Polda Metro Jaya dan Korem 051 Wijayakarta. Jadi 2 kecamatan di Kabupaten Bogor ini di luar wilayah Polres Bogor dan Kodim 0621 Suryakencana, ini yang membedakan,” tutur Herry.

Acara simulasi pungut hitung suara itu juga dihadiri PPK dan PPS se Kabupaten Bogor untuk dijadikan bekal awal sebelum memberikan bimbingan teknis kepada KPPS yang akan bertugas di TPS. Acara dibuka oleh Bupati Bogor yang diwakili oleh camat Bojonggede, Teni Ramdhani yang juga dihadiri, Kabag Tapem Setda Kabupaten Bogor, perwakilan Kesbangpol, Kapolsek, Danramil, serta perwakilan dari Polres Bogor dan Kodim 061/SK.n..ipunk

Baca Juga :  Sosialisasi Empat Pilar: Menebalkan Rasa Persatuan dan Keutuhan Bangsa di Pangandaran