Panwas Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di 9 Desa

 

Jabartrust.com. Pangandaran, 2024, – Komite Pengawas Pemilu (Panwas) Kecamatan Kalipucang telah menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang ditemukan selama masa kampanye Pemilu 2024 dengan memberikan tiga rekomendasi perbaikan dan meneruskan satu temuan pelanggaran administratif. Hal ini disampaikan oleh ketua Panwas Kecamatan Kalipucang, Indra Agustina Firmansyah, dalam keterangan pers pada tanggal 10 Februari. Berikut rinciannya:

A. PENANGANAN DUGAAN PELANGGARAN PEMILU

Menurut Indra, selama masa kampanye, Panwas Kecamatan Kalipucang dan Panwas Desa di wilayah Kecamatan Kalipucang telah mendeteksi pelanggaran administratif melalui kegiatan pengawasan mereka. Temuan ini ditindaklanjuti untuk perbaikan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 5 tahun 2022 tentang pengawasan pemilu dan Nomor 7 tahun 2022 tentang penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu.

Baca Juga :  Jembatan Citarum Lama Retak! Bey Janjikan Perbaikan Mulai Tahun Depan

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa selama periode dari tanggal 27 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024, Panwas Kecamatan Kalipucang menemukan dugaan pelanggaran administratif pemilu. Dugaan ini berkaitan dengan penempatan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai oleh beberapa Peserta Pemilu di Rest Area di wilayah Desa Emplak. Dugaan pelanggaran administratif ini telah ditindaklanjuti untuk perbaikan melalui surat dari Panwas Kecamatan Kalipucang, tertanggal 4 Januari 2024, dengan nomor referensi 001/KA.00/K.JB-13-08/1/2024. Karena ini merupakan pelanggaran terhadap ketentuan Peraturan Daerah Nomor 42 tahun 2016 Kabupaten Pangandaran mengenai ketertiban dan keamanan umum (K3), maka perbaikan diperlukan.

Sementara itu, Panwas Kecamatan Kalipucang telah mengikuti dengan menyampaikan hasil pengawasan ke Bawaslu Kabupaten Pangandaran, untuk selanjutnya disampaikan kepada pihak yang berwenang. Rekomendasi perbaikan yang disampaikan melalui surat dengan nomor 001/KA.00/K.JB-13-08/1/2024 dan 001/PM.02.02/K.JB-13-08/01/2024 didasarkan pada temuan pengawasan. Jika rekomendasi ini tidak dilaksanakan, Panwas Kecamatan Kalipucang akan melanjutkan sesuai dengan peraturan yang berlaku dengan mengkategorikan temuan tersebut dan meneruskannya kepada Bawaslu Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga :  Banjir Dayeuhkolot, Pemdaprov Jabar Siapkan Air Bersih, Lahan Pengungsian dan Dapur Umum

B. RANGKUMAN KEGIATAN KAMPANYE DI 9 DESA DI KECAMATAN KALIPUCANG

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh pengawas tingkat kecamatan dan desa, berbagai kegiatan kampanye dilakukan oleh Peserta Pemilu di Kecamatan Kalipucang. Kegiatan ini meliputi Pertemuan Tatap Muka, Pertemuan Terbatas, Kegiatan Lainnya, Penyebaran Bahan Kampanye (BK), dan Penyebaran Alat Peraga Kampanye (APK). (Ntang sr)