Pengawas TPS: Menjaga Ketenangan Pemilu dengan Aturan yang Berlaku

Jabartrust.com.Pangandaran, – Ratusan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pelantikan ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyukseskan perhelatan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Gaga Abdulah Sihab, menjelaskan bahwa pelantikan pengawas TPS dilakukan secara proporsional sesuai dengan jumlah TPS di masing-masing kecamatan. Setiap TPS akan memiliki satu pengawas yang dilengkapi dengan identitas dan seragam yang disediakan oleh Bawaslu. Hal ini diharapkan dapat memastikan pengawas TPS memiliki tanggung jawab yang jelas.

Gaga Abdulah Sihab menekankan peran aktif yang diharapkan dari pengawas TPS. Mereka diharapkan tidak hanya mengawasi jalannya pemungutan suara tetapi juga memberikan informasi yang akurat kepada Bawaslu. Koordinasi antara pengawas TPS di tingkat kecamatan juga dianggap penting untuk memastikan alur informasi yang lancar. Bawaslu dapat mengambil langkah-langkah sesuai aturan jika terdapat kejanggalan di lapangan.

Baca Juga :  DPMPTSP se-Jawa Barat Tandatangani Pakta Integritas untuk Dukung Usaha Supermikro, Pemdaprov Targetkan 1 Juta NIB di 2024

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kalipucang, Indra Agustina Firmansah, menyatakan kesiapan panwascam untuk bekerja dan menyukseskan pemilu. Panwascam Kalipucang akan melakukan pemantauan di seluruh TPS yang tersebar di 9 desa di kecamatan tersebut. Mereka akan memastikan bahwa lokasi pemungutan suara berjalan dengan baik dan efisien.

Selain itu, Panwascam juga akan memonitor kinerja pengawas TPS di setiap desa. Pengawas diharapkan memberikan informasi positif yang dapat menjaga keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan pemilu yang kondusif.

Dengan hanya satu bulan menjelang perhelatan pemilu serentak di Kabupaten Pangandaran, situasi dan kondisi tampaknya masih kondusif. Semua pihak, termasuk pengawas TPS, berkomitmen untuk menjalankan tugas sesuai aturan demi terwujudnya pemilu yang demokratis dan berkualitas.

Baca Juga :  Bey Machmudin Lantik Penjabat Bupati Subang dan Majalengka