Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah, Sekda Zen Sampaikan Amanat Menteri Dalam Negeri

Jabartrust.com, Kab.Tasikmalaya – Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tingkat Kabupaten Tasikmalaya di peringati di Halaman Setda Kab.Tasikmalaya, Kamis (25/4/2024).

Acara yang mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat” itu di pimpin oleh Sekretaris Daerah Kab.Tasikmalaya Mohamad Zen, yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam kapasitasnya mewakili Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

Dalam amanatnya, Sekda Mohamad Zen membacakan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terkait “Kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society”.

Dalam arahan tersebut, terdengar penegasan bahwa tujuan otonomi daerah tidak bersifat ekslusif atau terpisah satu sama lain. Pencapaian satu tujuan secara tidak langsung justru akan mempengaruhi percepatan pencapaian tujuan lainnya. Dimana setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif antara lain mendorong meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta Kemampuan Fiskal Daerah.

Baca Juga :  BKKBN Jabar Lakukan Pelayan KB Safari

Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 tingkat Kabupaten Tasikmalaya ini turut dihadiri unsur Forkopimda Kab. Tasikmalaya, para Kepala SKPD Kab. Tasikmalaya dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya.*(yudie)