Pj. Walikota Cimahi Sematkan Pin Ortu Asuh Cegah Stunting

Jabartrust, Bandung – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cimahi baru-baru ini mengambil langkah berani dengan menyelenggarakan acara “Diseminasi Audit Kasus Stunting” di Aula Rumah Sakit Cibabat pada Rabu (29/11/2023).

Acara ini dibuka oleh langsung oleh Pelaksana Tugas (Pj) Walikota Cimahi, Dr. Ir H. Dicky Saromi M.Sc, yang memberikan apresiasi kepada seluruh tim DP3AP2KB yang gigih dalam menekan angka stunting di kota ini.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Dicky Saromi, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Cimahi, menyatakan optimisme terkait target nol kasus stunting di Kota Cimahi.

“Penurunan angka stunting menjadi salah satu prioritas utama di Cimahi. Untuk mencapai harapan kita, diperlukan koordinasi dan komitmen yang kuat dari semua sektor, termasuk kesehatan, pangan dan gizi, serta elemen lingkungan yang memadai seperti sanitasi, jamban keluarga, ketersediaan air bersih, dan pola asuh anak,” katanya.

Baca Juga :  Warga Depok Antusias Ikuti Pelatihan Buat Konten Medsos Bersama Jurnalis

Selain itu, Pj. Walikota mengumumkan rencana pembuatan aplikasi pernikahan sebagai syarat menjelang pernikahan.

“Nantinya, setiap calon pengantin wajib mengisi formulir di dalam aplikasi tersebut,” tambahnya.

Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Cimahi, dr. Fitriani Manan, MKM, dalam keterangannya, menjelaskan bahwa tujuan diseminasi audit kasus stunting adalah untuk mengidentifikasi risiko potensial serta penyebab langsung dan tidak langsung terjadinya stunting pada calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas, balita, dan bayi.

“Kami memiliki beberapa strategi yang perlu dioptimalkan dalam menurunkan angka stunting di Kota Cimahi, di antaranya adalah pembekalan pengetahuan sebelum memasuki fase pernikahan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Fitriani juga menyampaikan terima kasih kepada Pj. Walikota beserta tamu undangan atas waktu yang diberikan untuk hadir dan memberikan arahan.

Baca Juga :  Teka-Teki Calon Nasdem Untuk Walikota Bandung Terpecahkan!

Acara juga ditandai dengan penyematan pin sebagai orang tua asuh oleh Pj. Walikota Cimahi kepada enam perwakilan orang tua asuh sebagai simbol komitmen bersama dalam membimbing generasi mendatang dan memberantas stunting di Cimahi. (Nonu)