Saber Pungli Ragu-Ragu Ungkap Dugaan Pungli Di SMPN 1 Subang

JABARTRUTS.COM, Subang – Dugaan pungutan liar (pungli) berkedok sumbangan di SMPN 1 Subang akhirnya mendapat tanggapan Saber Pungli Kabupaten Subang.

Menurut Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten Subang, Kompol Endar Supriatna, terkait dugaan pungli di SMPN 1 Subang, pihaknya sudah menindaklanjuti dugaan pungli di SMPN 1 Subang itu.

“Dengan adanya pemberitaan yang viral itu, Satgas Saber Pungli sedang menindaklanjuti dan mendalami, apakah hal itu bentuk sumbangan atau pungli dan semua informasi yang kami terima, langsung kami dalami,”ujar Endar.

Ditambahkan Endar, terkait terbukti atau tidaknya pungli tersebut ada dua mekanisme yang akan dilakukan Saber Pungli Kabupaten Subang, yang pertama bisa dilarikan ke Aparat Penegak Hukum (APH) atau Aparat Penegak Internal Pemerintah (APIP). Jika pelakunya diluar pemerintahan akan diserahkan ke APH.

Baca Juga :  Kapolres Subang Tekankan Tindakan SOP dan Humanis saat Demo Buruh

Sementara itu, sejumlah masyarakat Kabupaten Subang menyatakan, untuk mengungkap adanya dugaan pungli atau tidak di SMPN 1 Subang itu sebenarnya tidak terlalu rumit, apalagi di SMPN 1 itu sendiri ada anggota Saber Pungli yang anaknya bersekolah di SMPN 1 Subang. Masyarakat Kabupaten Subang juga mempertanyakan keseriusan Saber Pungli untuk mengusut dugaan pungli di SMPN 1 Subang.

Sekedar diketahui, dugaan pungli berkedok sumbangan di SMPN 1 Subang yang dilakukan oleh Ketua Komite SMPN 1 Subang Daeng Makmur tersebut sudah cukup lama terjadi. Setiap tahun, orang tua siswa harus mengeluarkan kocek Rp 2,5 juta hingga Rp 2,7 juta. Kocek sebesar itu diklaim dipergunakan untuk kebutuhan sekolah.*(Harry)