Sekda Jabar: Satukan Frekuensi untuk Jabar Maju

JABARTRUST.COM, KABUPATEN KARAWANG — Sekda Jabar Herman Suryatman menghadiri acara Halal bi Halal Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Wilayah Jabar, di Hotel Mercure, Kabupaten Karawang, Ahad (28/4/2024).

Herman mengatakan acara tersebut sebagai konsolidasi antara Pemdaprov Jabar dan pemda kabupaten kota dalam membangun Jawa Barat menjadi provinsi termaju.

“Karena itu kami merapatkan barisan, kami konsolidasi, jadi forum ini kami manfaatkan untuk silahturahmi dan konsolidasi,” ujar Herman Suryatman.

“Jawa Barat bisa menjadi provinsi termaju jika kabupaten kotanya sama menjadi termaju,” tambah Herman.

Herman berpesan kepada sekda kabupaten kota dapat melakukan eksponensial dan bukan harus linier.

“Itu butuh pendampingan, Pemdaprov Jabar saat ini sedang set up para kepala OPD untuk bertugas sebagai pendamping, menjadi penghubung antara Pemdaprov Jabar dan pemda kabupaten kota,” katanya.

Baca Juga :  Bey Machmudin : Peluang masih terbuka menuju Olimpiade Paris 2024

Herman mengatakan saat ini pemda kabupaten kota di Jabar telah melaksanakan tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan sangat baik.

“Kabupaten kota sudah bagus – bagus, sudah keren, contohnya, dalam akuntabilitas kinerja Kabupaten Karawang, Kabupaten Sumedang, ada juga yang bagus dalam penanganan stunting Kabupaten Cianjur dan lain sebagainya,” kata Herman.

Untuk itu, Herman berpesan agar pemda kabupaten kota saling membantu dalam upaya memajukan daerahnya masing – masing dan Pemdaprov Jabar melakukan pendampingan.

“Saya kira ini salah satu solusi cepat untuk melompatkan Jawa Barat sehingga, kemiskinan, pengangguran, indeks gini bisa kita turunkan signifikan dam Indeks IPM dapat ditingkatakan dengan pola gotong royong,” ucap Herman.

Baca Juga :  Kejati Jabar: Tersangka Pembunuhan Ibu dan anak Di Subang, Yosep Ditahan Di Lapas Subang, Danu Di Polda Jabar

“Insyaallah Forsesdasi ini adalah media, forum silahturahmi kita untuk bertukar pikiran dan kita membangun kabupaten kota masing – masing dalam format Jawa Barat,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Forsesdasi Jabar sekaligus Sekda Kabupaten Karawang Acep Jamhuri mengatakan Pemdaprov Jabar dan Pemda Kabupaten Kota harus menyamakan frekuensi dan persepsi dalam upaya membangun Jabar menjadi provinsi termaju.

“Jadi oleh karena itu, kita sama, nanti difasilitasi oleh Pemdaprov Jabar untuk mewujudkan pemerintahan yang maju di Jabar,” katanya.